Eceng gondok dan Sampah di Perairan Waduk Cirata Terus Dibersihkan

0
179 views

Laporan : Sandi Risa ||

BogorPolitan.com – Cianjur,

Satgas Citarum harum sektor 12 subsektor 4 Mande bersama Gabungan Pengusaha Perahu Tempel (Gapartel) dan masyarakat dibantu petugas LLASD yang bertugas di pos pengawasan Dermaga Coklat, bersihkan hamparan eceng gondok di perairan waduk Cirata, tepatnya di area Kampung Pangkalan, Desa Cikidangbayabang, Kecamatan mande, Kabupaten Cianjur, jawa Barat, Jumat (26/052023).

Pembersihan hamparan eceng gondok di perairan waduk Cirata memang gencar dilakukan sektor – sektor Satgas Citarum Harum dengan tujuan untuk memudahkan mobilitas para petani keramba jaring apung beraktivitas.

Menurut informasi pembersihan hamparan eceng gondok pada hari jumat kemarin, dilakukan dalam rangka karya bakti jumat bersih.

“Hari jumat kemarin ya, kami melaksanakan kegiatan Jumsih di area dermaga Coklat,” kata Dansektor 12 Citarum Harum, Kolonel Kav. Bokiyar, melalui Dansubsektor 4 Mande, Pelda Dedi, Sabtu (27/05/2023).

Ia menyambungkan, eceng dan sampah yang berhasil diangkat, kami angkut menggunakan truk untuk dibuang.

“Setelah diangkat eceng dan sampahnya kami masukan karung, kemudian diangkut menggunakan truk dan dibuang ketempat yang telah disediakan sebelumnya,” sambung Dedi

Setelah melakukan kegiatan pembersihan, lanjut Dedi, pihaknya juga melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait program Citarum tersebut.

“Kami tidak akan pernah merasa bosan untuk memberikan pemahaman/edukasi kepada warga terkait program Citarum ini,” ungkapnya.

Ke depan Dedi mengharapkan masyarakat akan semakin sadar dan memahami bahwa kebersihan sungai, ataupun waduk Cirata dan semua lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

“Harapan saya masyarakat akan semakin sadar dan memahami bahwa kebersihan waduk Cirata ini adalah tanggung jawab bersama. Jadi mari kita jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ajak dan harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini