Tumbuhkan Nilai Kepesantrenan di Sekolah, Yayasan Bina Sejahtera Bogor Gelar Sanlat Bagi Siswa SMP, SMA, SMK 1 dan SMK 2 Bina Sejahtera

Bogorpolitan – Kota Bogor
Laporan : Dharmawan

Pesantren Kilat dikenal dengan SANLAT marak digelar di Bulan Suci Ramadhan, baik ditingkat SD, SMP dan SMA sederajat.
Sanlat merupakan satu kegiatan seperti Pesantren pada umumnya, namun dilaksanakan di sekolah dengan waktu yang singkat.

Sanlat diadakan dengan tujuan agar peserta didik bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat. Lewat sanlat, kita bisa belajar untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan tepat dan mendapatkan ilmu agama dan meningkatkan karakter siswa.

Sebagaimana yang dilaksanakan SMP, SMA, SMK 1 dan SMK 2 Bina Sejahtera yang berada dalam naungan Yayasan Bina Sejahtera Bogor melaksanakan Pesantren Kilat yang dimulai dari tanggal 14 Maret hingga 2 April 2024. yang dilaksanakan dimasing-masing sekolah yang berada dalam Kampus Bina Sejahtera di Jl. Ledeng Sindangsari Kelurahan Kebon Kalapa Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

Sanlat dibuka oleh Ketua Yayasan Bina Sejahtera Bogor Ir. H. Ateng Sumantri yang dilaksanakan dilapangan sekolah.

Pantaun awak media ini, pelaksanaan Sanlat berjalan dengan baik dan seluruh siswa mengikuti dengan seksama dari kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (19/3/24)

M. Abduh S.Kom selaku Kepala SMP Bina Sejahtera ditengah pelaksanaan mengatakan bahwa kegiatan Sanlat merupakan Momen yang tepat untuk mengisi kegiatan di Bulan Ramadhan, dengan kegiatan yang penuh dengan nilai ibadah.

“Kegiatan Sanlat kita laksanakan sesuai dengan arahan dan intruksi dari Dinas Pendidikan Kota Bogor, yaitu kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti melalui Program Smart Tren Ramadhan, dan ditahun ini kami mengambil tema “Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Dengan Menyempurnakan Ibadah dan Mengaji”, ucap Abduh.

Kata Abduh, materi yang diberikan yang berkaitan dengan Penumbuhan Budi Pekerti yaitu melalui kegiatan Sholat Dhuha, Tausyiah atau Kultum, Wawasan Keislaman, Kajian-kajian, Kewajiban dan manfaat Puasa, Ibadah Solat 5 waktu.
Pemateri disampaikan oleh para guru yang sesuai dengan keilmuannya yaitu Guru PAI dan BTQ.

“Jadi Sanlat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dapat menumbuhkan nilai-nilai ke Pesantrenan di lingkungan sekolah, terbentuk akhlak mulia khususnya dikalangan siswa sehingga terbentuk generasi yang Beriman dan Bertaqwa,” ucap Abduh mengakhiri perbincangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!