Samisade Sadengkolot Gunakan ATB Sebagai Dasar Hotmix Pelebaran Jalan Desa

0
273 views

BogorPolitan – Leuwisadeng,
Laporan : Raka Bayu Kamajaya ||

Asphalt Treated Base (ATB) sebagai dasar pengeras dalam peningkatan dan pelebaran jalan Desa Sadengkolot yang semula lebar hanya 2,5 meter, kini di genapkan menjadi 3 meter.

Pelebaran Jalan Desa Sadengkolot menggunakan anggaran dari Dana Satu Milyar Satu Desa (Samisade) tahun 2022, sekaligus pembuatan Tembok Penahan Tebing (TPT) di Kampung Pagelaran Rt 07/08.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Desa (Sekdes) Sadengkolot Sudiman di Ruang Kerjanya, Senin 30/10/2022, kepada BogorPolitan.com.

“Pelebaran jalan awal 2,5 meter, jadi full tiga meter supaya ketika perwis masyarakat lebih lebar, progres usulan 2 kategori, pertama ATB aspal yang kasar terakhir halus gypstone jadi dua lapis,” katanya.

Walaupun ada penyesuaian harga akibat dampak dari kenaikan BBM, Sudiman mengaku tidak ada pengurangan Volume pekerjaan.

“Kita tidak ada pengurangan volume dengan adanya harga terbaru dan kita sudah revisi dua minggu yang lalu. Dari muspika juga sinkronisasi dengan harga terbaru dan sudah disesuaikan dengan apa yang tertera di banner,” terangnya.

Untuk pelaksanaan awal perkejaan, menurut Sudiman menggunakan dana Samisade sebesar 60 persen atau Enam Ratus Juta Rupiah.

“Yang enam puluh persen terbagi untuk pembangunan TPT, pelebaran jalan dan dibelanjakan aspal, baru kita laporan pengerjaan yang enam puluh persen dan melanjutkan yang empat puluh persen. Kalau samisade dari awal proposal volume itu 1kilometer lebih,” katanya.

Alhamdulilah, sambung Sudiman, “sekarang dengan volume 1 kilo lebih finishing itu akhir, namun kita terbagi dua pelaksanaan, enam puluh persen peruntukan pertama yang harus dikerjakan tpt dengan volume seribu meter,” ucapnya.

Sebelumnya di lokasi pekerjaan TPT dan Hotmix Jalan, Kepala Desa (Kades) Sadengkolot Mamat Rahmat, memastikan untuk para pekerja dari Masyarakat sekitar, sebagai penguatan ekonomi.

“Untuk jenis perkerjaan ada 2, TPT dan Hotmix jalan desa dengan volume panjang 1250 meter, lebar 3 meter ketebalan 4 centi ATB aspal kasar dan 2 centi aspal halus gypstone.

Pelaksana pekerjanya dari masyarakat khusus orang sini, harapannya untuk pertumbuhan serta perkembangan ekonomi masyarakat yang ada diwilayah. Nama jalannya Jalan Desa Kampung Pagelaran Rt 07/08,” pungkasnya.

Editor : M. Ilyas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini