Samisade Cibitung Kulon Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat

0
391 views

BogorPolitan – Pamijahan,
Laporan : M. Ilyas ||

Tembok Penahan Tebing dan Hotmix Jalan Lingkar Desa, menjadi prioritas utama dalam merealisasikan dana program unggulan Kabupaten Bogor, Satu Milyar Satu Desa (Samisade) Cibitung Kulon tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Cibitung Kulon Jaji ketika dijumpai di lokasi TPT Kampung Ciasmara Hilir, Minggu 30/10/2022 menyatakan rasa terimakasihnya kepada pihak terkait.

“Intinya dari pemerintahan desa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terkait, DPMD, inspektorat serta pemerintahan kabupaten Bogor yang sudah memberikan atau menggelontorkan program anggaran samisade tahun 2022 ini. Mudah-mudahan kami dari pemerintahan desa bisa merealisasikan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Adapun infrastruktur yang dibangun Jaji bersama Tim Pelaksana Kerja (TPK) dan Masyarakat, anggaran dana anggaran Samisade tidak sampai 1 Milyar.

“Total anggaran yang diterima sekitar sembilan ratus sembilan puluh jutaan, jenis kegiatan yang dikerjakan salah satunya tembok penahan tanah total keseluruhan 580 kubik. Untuk tinggi variatif,” ujarnya.

Serta hotmix, lanjut Jaji, “peningkatan jalan sekitar 800 meter dan jalingnya 420 meter. Tenaga kerja sendiri kita berdayakan masyarakat yang ada disini sebanyak 48 orang. Termasuk material batu dan pasir,” tambahnya.

Dengan bantuan Samisade yang sedang dilaksanakannya, Jaji berharap semua dapat berjalan dengan baik, termasuk membangun komunikasi dengan pihak Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah V Ciampea, sebagai Tim Verifikasi.

“Bantuan program ini diharapkan oleh semua bisa berjalan dengan baik, untuk hotmix rencana kita tidak memakai pihak ketiga dan akan dikelola sendiri dan hanya menyewa tim ahli empat orang dalam bidangnya seperti operator belong, dan sistem pelaksanaan kerjanya seperti apa.

Terkait dengan UPT jalan, kita sudah ada tim verifikasi sebelum pengerjaan dilaksanakan, berbagai pihak seperti PUPR dan sudah selesai tinggal menjalankan pelaksana pengerjaan,” pungkasnya.

Sementara menurut Asep, sebagai TPK dalam hal pelaksanaan, dirinya sebagai pelaksana kegiatan sangat memperhatikan tugasnya dilapangan.

“Ada empat titik yang saat ini sedang kita garap, sesuai arahan Ketua TPK utamakan kualitas, karena ini demi kepentingan masyarakat khususnya Desa Cibitung Kulon,” tegasnya.

Terpisah, menurut Masyarakat Kampung Ciasmara Hilir Dipi, dirinya sebagai petani cukup terbantu dengan adanya Program Samisade yang sedang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Cibitung Kulon.

“Kami sebagai masyarakat sebagai penerima manfaat sebuah program, sangat terbantu dengan ini semua,” singkatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini