Maulid Nabi Muhammad SAW, SMP PGRI 3 Bogor Bagikan Ratusan Bongsang Kepada Warga Sekitar

0
366 views

Bogorpolitan : Kota Bogor,
Laporan : Dharmawan ||

Mengusung Tema Festival Solawat “Kenali Rasul, Cintai Rasul, Mengharap Syafaat Rasulullah” dan “Teladani Rasul Meraih Ridho Allah”, ratusan Siswa-siswi SMP PGRI 3 Bogor mengikuti kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H yang diselenggarakan disekolah, Kamis (13/10).
 
Sebagaimana disampaikan Kepala SMP PGRI 3 Indra Robiandri S.Pd melalui Waka Bidang Akademik Dra. Syafarida Yuliarti M.Si, mengatakan kegiatan Maulid Nabi ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sekolah, dalam sarana membina karakter serta keimanan para murid.

Menurutnya, saat pandemi Covid SMP PGRI 3 tetap lakukan acara Maulid namun dengan Online, kini Alhamdulillah setelah pandemi mereda kita dapat melaksanakan dengan Off line dan dilaksanakan disekolah.

“Acara ini dikonsepkan oleh OSIS dan Rohis sekolah, dimana acara diikuti seluruh siswa mulai kelas VII-IX sejumlah lebih kurang 600 siswa juga dewa guru,” jelasnya. 

Dikatakannya acara dimulai dengan Shalat Dhuha bersama, kemudian sambutan-sambutan dari pimpinan sekolah dan panitia.

Kepala SMP PGRI 3 Bogor Indra Robiandri tidak bisa mengikuti kegiatan hingga akhir karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan, beliau hanya mengikuti Sholat Dhuha bersama.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kali ini kita mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW secara langsung dan giat Maulid ini lebih banyak keaktivitas anak, karena dibarengi dengan Final dalam Festival Solawat.

“Sebelumnya sudah kita adakan lomba-lomba Islami seperti Tilawah, Hadroh, Puisi Islami, Vokal atau Nyanyi Islami, Konten Islami juga Khotbah dan Juaranya kita tampilkan diperayaan Maulid ini,” jelas Yuli panggilan Syafarida Yuliarti.

Alhamdulillah juga dikesempatan ini Alumni SMP PGRI 3 Bogor turut tampil dengan Hadrohnya.

Sebagai penyemangat kita siapkan Door Price bagi para siswa yang berasal dari para guru dan TU ada 80 Bungkus yang akan dibagikan.

Selain itu juga kita bagikan Bongsang yang berasal dari siswa dan guru serta TU. Total seluruh Bongsang hampir mencapai 1500 Bongsang.

“Setiap siswa menyumbang 2 Bongsang sedang Guru dan TU masing-masing menyumbang 3 Bongsang kemudian diakhir acara setelah terkumpul kembali kita bagikan per siswa 1 Bongsang dan Guru/TU 1 Bongsang, juga dibagikan kepada masyarakat sekitar termasuk pejalan kaki dan pengendara didepan sekolah,” paparnya.

Peringatan Maulid kali ini kita tidak menghadirkan Ustadz tapi kita lebih kepenampilan anak-anak saja dengan penampilan Kreasi Seni Islami.

“Kepala SMP PGRI 3 sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan peringatan Maulid Nabi yang dilakukan pihak sekolah, namun beliau tidak bisa mengikuti karena ada tugas dan beliau menyampaikan semoga acara berlangsung dengan Khidmat namun tetap jaga Prokes karena Covid belum hilang. Dan semoga Bongsang tidak Mubazir dan dapat dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Menurut Yuli selain untuk membina karakter murid dalam menampilkan bakatnya, kegiatan ini juga diharapkan mampu memupuk pembiasaan pengaplikasian kebiasaan beragama bagi peserta didik.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, kedepannya para murid mampu mengembangkan hingga penerapkan nilai-nilai agama di kehidupannya sehari-hari, dan tahun depan berharap kegiatan Maulid dilaksanakan terbuka seperti ini lebih meriah dan lebih gebyar dengan mengundang Ustadz supaya ada Siraman Rohaninya,” pungkas Yuli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini