Layaknya di Perkantoran dan Mini Market, Sejumlah 129 Siswa/i SMK YAK 1 Kota Bogor Laksanakan Uji Kompetensi Kejuruan

BogorPolitan – Kota Bogor

Uji Kompetensi Kejuruan atau UKK juga biasa disebut dengan Ujikom merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun diakhir semester bagi siswa kelas 12 Sekolah Menengah Kejuruan.

UKK dilaksanakan dalam rangka mengukur Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dengan menghadirkan Penguji Eksternal maupun Penguji Internal, baik dari Lembaga Sertifikasi Profesi atau oleh Satuan Pendidikan Terakreditasi bersama Mitra Industri atau Dunia Kerja.

Dan hasil UKK menjadi Indikator Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan juga menjadi Sumber Informasi atas Kompetensi yang dimiliki siswa sebagai Calon Tenaga Kerja.

Tersebut disampaikan Isti Septiani S.Sos selaku Waka Kurikukum yang juga Kaprog SMK YAK 1 Kota Bogor ditengah pelaksanaan UKK Siswa kelas 12 SMK YAK 1 Kota Bogor, Selasa (5/3/2024).

“Alhamdulillah hari ini, hari pertama pelaksanaan UKK bagi sejumlah 179 Siswa kelas 12 dari Jurusan Pemasaran dan Jurusan Perkantoran. UKK dilaksanakan 2 hari, Selasa – Rabu tanggal 5 – 6 Maret 2024,” jelas Isti.

Lebih lanjut Ia menuturkan UKK merupakan rangkaian kegiatan ujian akhir tahun yang harus ditempuh siswa/i kelas 12 dan UKK menjadi salah satu syarat kelulusan yang harus ditempuh peserta didik, selain dsri fortofolia raport semester 1 hingga 5, penugasan, ujian tulis dan praktek salah satunya UKK ini.

Hari ini, hari pertama pelaksanaan UKK dimana 57 Siswa/i di Jurusan Pemasaran melaksanakan Uji Kompetensi Proposal Penjualan, Cash Register dan Display Produk. Untuk Jurusan AP (Administrasi Perkantoran) melaksanakan Uji Kompetensi secara mandiri diruang Arsip dan Lab. Komputer.

“Untuk Jurusan AP peserta didik melaksanakan Peng Arsipan, Cara Komunikasi melalui media telepon, mengelola kas kecil, membuat surat keluar agenda surat masuk dan keluar, membuat jadwal pimpinan, mambuat jurnal dan lainnya,” paparnya.

Mereka melaksanakan Ujikom ini layaknya mereka bekerja di Mini Market dan bekerja di Perkantoran.

Dan pada Rabu (6/3/2024) bagi peserta Ujikom akan melaksanakan Presentasi.

Isti menyebut dalam UKK ini SMK YAK 1 Kota Bogor menghadirkan Assesor atau Tim Penguji dari Dudi. Untuk Jurusa Pemasaran Tim Penguji dari Ramayana Dept. Store dan untuk Jurusan Administrasi Perkantoran Tim Penguji dari LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia).

Terkait persiapan menjelang Ujikom, Isti mengatakan sejak Desember 2023 siswa kelas 12 sudah kita adakan pelatihan atau pengayaan dan intensnya di bulan Januari 2024 hingga H -1 menjelang UKK. Kemudian juga dilaksanakan Gladi agar mereka mengetahui apa yang akan mereka hadapi di UKK ini.

Masih kata Isti, ia berharap UKK ini tidak hanya sekedar seremonial saja menggugurkan kewajiban, tapi dengan UKK ada hal yang didapat para peserta didik yaitu Peningkatan Kompetensi.

Ditempat yang sama Daryani S.Pd.I Ketua Yayasan Al Akhyar Kalimurni yang menaungi SMK YAK didampingi Kepala SMK YAK 1 Ade A. Haris M.Si, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Penguji Eksternal juga tentunya ucapan terimakasih kepada Penguji Internal.

Daryani berharap pelaksanaan UKK dapat berjalan dengan lancar dan pada siswa yang menghadapi UKK ini percaya diri, tenang dan mampu menunjukan Potensi terbaik mereka, mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang telah mereka pelajari.

“Tentunya saya berharap hasil Uji Kompetensi Kejuruan dapat memberikan peluang bagi para siswa. Dengan Sertifikat Kompetensi yang mereka dapatkan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan Kompetensinya,” ucap Ade. (Dharmawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!