Hari Bakti PUTR ke-78 Tahun, Launching Cianjur Modis Aplikasi Tanggulangi Banjir

0
77 views

Laporan : Eka Rufa ||

BogorPolitan.com – Cianjur,

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur punya aplikasi Cianjur Modis (Mobile Drainase Informasi dan Sistem) untuk menanggulangi dampak banjir.

Aplikasi tersebut dilaunching Bupati Cianjur H.Herman Suherman saat Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ke-78 Tahun di Kantor PUTR Cianjur, Senin (04/12/2022).

Kepala Dinas PUTR Cianjur, Eri Rihandiar menerangkan, aplikasi yang dilaunching sebagai bentuk Dinas PUTR dalam meningkatkan pelayanan infrastruktur, salah satunya untuk menanggulangi banjir yang sering melanda.

Aplikasi itu baru bisa digunakan di dua Kecamatan ialah Cianjur Kota dan Cipanas.

“Terutama banyaknya persoalan drainase, banyaknya genangan-genangan di perkotaan khususnya,” terangnya.

Masyarakat dapat mengakses aplikasi tersebut di Playstore dan dapat memberikan informasi adanya banjir atau genangan-genangan air yang dinilai menganggu aktivitas.

Nantinya Dinas PUTR, Disperkimtan serta BPBD akan langsung menindaklanjutinya, baik jangka pendek atau dinaikkan darurat maupun jangka menengah atau perbaikan yang lebih permanen.

“Ini bisa membantu mendeteksi genangan-genangan air, masyarakat bisa melapor menyampaikan data dan visualisasi berupa foto, ini disampaikan ke operator kita sehingga dalam waktu cepat kondisi-kondisi genangan cepat ditangani,” paparnya.

Sementara, Bupati Cianjur H.Herman Suherman mengapresiasi, inovasi berupa aplikasi untuk penanganan banjir dari Dinas PUTR di Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ke-78 Tahun.

“Saya sangat memberikan apresiasi dan saya sampaikan di upacara peringatan, minta inovasi-inovasi dan ternyata ada inovasi dalam rangka penanganan banjir yang diluncurkan PUTR,” kata Bupati Cianjur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini