Wujud Nyata dan Rasa Prihatin, Satgas Pamtas YONARMED 5/105 TARIK/PG Cor Jalan Desa Panado – Krayan

0
315 views

Laporan : Eka Rufa ||

Cianjur – BogorPolitan.com,

Wujud kepedulian akan kondisi kesulitan warga di daerah perbatasan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik/PG Pos Gabma Long Midang bersama TDM Yon 7 RS turun langsung membantu warga dalam pelaksanaan Karya Bakti pengecoran jalan di Desa Pa’Nado, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan.

Sebagai bentuk rasa prihatin dan wujud nyata Satgas Pamtas terhadap warga perbatasan, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Danpos Gabma Long Midang Serma Januar Afandi.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG Letkol Arm Yan Octa Rombenanta, S.Sos. dalam keterangannya di Pos Kotis Malinau.

Dikatakan Dansatgas, bahwa pengecoran jalan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memudahkan warga Desa Pa’Nado dalam beraktivitas sehari-hari.

Dansatgas juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan mulai dari perataan jalan, pemecahan batu sampai dengan pengecoran jalan sepanjang ± 150 meter dan dapat diselesaikan selama 10 hari dengan keterbatasan bahan material serta kondisi cuaca yang terkadang hujan di sore hari membuat aktivitas harus terhenti sampai siang, sampai berita ini dinaikan, Rabu (19/10/2022) masih dalam pengerjaan, meskipun demikian semangat dan kekompakan antara personel Pamtas dan warga tetap terjaga.

Karya Bakti ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial Satgas kepada masyarakat atau warga di perbatasan dengan tujuan untuk membangun soliditas yang kokoh dan Sinergitas yang kuat antar sesama prajurit TNI dengan TDM serta komponen masyarakat sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat dapat terbina dengan baik.

“Kehadiran Satgas Pamtas haruslah bermanfaat di tengah-tengah kesulitan masyarakat dan dapat menjadi motor penggerak semangat gotong royong untuk membangun Desa menjadi semakin baik kedepannya”.

Selain Tugas Pokok Satgas Pamtas mengamankan wilayah perbatasan, menjaga Patok atau Pilar Batas Negara serta mencegah masuknya barang-barang Illegal khususnya Narkotika, Satgas Pamtas juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial kepada warga perbatasan yang sesuai dengan arahan Bapak KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang tertuang dalam Perintah Harian KASAD poin 5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”.

Jamry Ilo selaku Kepala Desa Pa’Nado mengatakan “Pengecoran jalan Desa ini merupakan akses penting bagi warga kami untuk beraktivitas sehari-hari, dengan di cor jalan Desa ini membuat jalan lebih nyaman untuk dilewati oleh warga, tak lupa juga kami mewakili seluruh warga mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak anggota Satgas”, pungkasnya.

Sumber : YONARMED 5/105/TARIK/PG

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini