Realisasi Sami Sade Pemdes Tamansari Hot Mix Jalan Desa

0
280 views

Bogorpolitan – Tamansari,
Laporan : Dharmawan ||

Peningkatan Jalan Desa menjadi Terget dalam pelaksanaan Program Sami Sade bagi Desa Tamansari Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.

Sebagaimana pantauan awak media disalah satu area pelaksanaan pembangunan Hot Mix Peningkatan Jalan Desa di Jl. Pisang Kp. Taman Desa Tamansari, Sabtu (5/11).

Kades Tamansari Sunandar S.Pd.I mengatakan, Bantuan Keuangan Infrastruktur Program Sami Sade Tahun 2022 direalisasikan untuk Hot Mix Peningkatan Jalan di 2 titik.

Ia menyebut Dana yang digelontorkan melalui APBD Kabupaten Bogor tahun 2022 dalam Program Sami Sade ini terbagi dalam 2 termin dari total dana sebesar Rp. 737 juta, termin pertama diserap 60 persen dan kedua 40 persen.

“Hari ini kita realisasikan dianggaran tahap pertama sebesar 60 persen untuk pembangunan Hot Mix di Jl. Pisang Kampung Taman sepanjang 316 Meter Lebar 3 Meter dan Ketebalan 0,03 M yang melintasi 11 RT – 5 RW, dengan dana sebesar Rp. 214 juta yang dialokasikan dari APBD Kabupaten Bogor, kemudian dititik ke dua juga Hot Mix jalan desa di Jl. Nangka Ciapus hingga perbatasan Desa Sukamantri dengan Panjang 835 M, Lebar 3 M dan ketebalan 0,03 M dengan anggaran Rp. 212 juta
Dalam pelaksanaanya kita swakelola TPK dan Masyarakat dengan waktu pelaksanaan 15 hari kalender,” jelas Sunandar.

Lanjutnya, mudah-mudahan jalan ini bisa dimanfaatkan sebagai akses masyarakat yang memang mayoritas bekerjanya kantoran diluar. Disamping itu jalan ini juga sebagai salah satu jalan alternatif ketika jalan utama sedang dibangun betonisasi, juga menjadi alternatif ke Leuweung Gleudegan maupun ke Curug Nangka.

“Harapan kita pada masyarakat sama-sama menjaga dan memelihara agar jalan ini awet dan tidak mudah rusak. Drainasenya juga terutama pembuangan atap rumah tidak langsung kejalan, kemaren masih kita temukan ada beberapa rumah yang pembuangan air atap rumah langsung kejalan,” harapnya.

Dalam kesempatan ini Sunandar menyampaikan Ucapan Terima Kasih kepada Bupati Bogor yang telah meluncurkan Program Sami Sade, Insya Allah Program ini sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat membantu perekonomian, membantu mobilisasi dan kegiatan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini