Pesan Sekcam Leuwisadeng : Bantu Kades Dalam Pelaksanaan Samisade

0
290 views

BogorPolitan – Leuwisadeng,
Laporan : M. Ilyas ||

Dengan adanya anggaran Satu Milyar Satu Desa (Samisade), sebagai dana alokasi pembangunan infrastruktur, sebagai penunjang utama pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid – 19.

Dari seluruhnya 8 Desa di Kecamatan Leuwisadeng yang mendapatkan dana Samisade, Wangunjaya terkena giliran Lounching Rabu 02/11/2022.

Menurut Kepala Desa Wangunjaya Hanapi akrab disapa Jaro Hanapi, pada kesempatan itu menjelaskan 2 jenis pekerjaan yang dilakukan oleh pihaknya, Tembok Penahan Tebing (TPT) Hotmik dan Betonisasi.

“Jenis pengerjaan yang pertama di wilayah Legok Tangkil pengerjaan tpt dan hotmix, yang kedua diwilayah pasir manggah, pengerjaan tembok penahan tanah dan betonisasi ada di 2 titik. Pelaksanaan pengerjaannya dengan volume panjang 450 meter, tptnya 350 meter lebar 3 meter dan
untuk pekerjaannya sendiri itu dari TPK tidak ada yang diborongkan,” ujarnya.

Dari adanya pembangunan TPT, salah satu warga yang lahannya terpakai oleh proyek, Memed (45) mengaku senang karena area Rumahnya menjadi kokoh.

“Walaupun sebelumnya saya tidak tahu akan dibangun seperti ini, namun saya iklas karena dengan adanya ini semua jadi rapi dan kokoh,” katanya.

Dikesempatan itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Leuwisadeng Hendarsah berpesan, demi pelaksanaan yang baik dalam melaksanakan program Samisade para Kepala Desa bisa berjalan dengan sukses.

“Pesan saya agar dibantu kepala desa, supaya pelaksanaan ini bisa berjalan dengan baik serta kita sukseskan bersama-sama program pemerintah kabupaten Bogor. Ini yang sudah sangat bagus, juga bermanfaat dan khusus untuk pembangunan insfratruktur,” pintanya.

Untuk Kecamatan Leuwisadeng, lanjut Hendarsah, “dari 8 desa semuanya, Alhamdulilah mendapatkan bantuan samisade,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Desa Kalong 2 Ulul Ajmi menuturkan, realisasi Samisade wilayahnya dibangunkan Infrastruktur TPT, Drainase dan Rabat Beton.

“Desa Kalong 2 realisasinya tembok penahan tanah, drainase sama rabat beton, anggaran Samisase untuk saat ini 60 persen. InshaAllah untuk tahun 2023 bila samisade masih ada, akan mengerjakan infrastruktur lagi, karena di Kalong 2 masih ada yang belum terbangun. Seperti jalan desa sekitar 2,5 kilometer serta untuk melanjutkan pengerjaan yang ada,” harapnya.

Tpt juga masih ada lanjutan, sambung Ulul “yang masih panjang dan harus dikerjakan, karena kondisi rumah dipinggir kali dan pada rawan dari bantaran kali Cipicung dan cikemang.

Untuk saat ini wilayah yang sedang dikerjakan ada 3 titik yaitu dusun 1, 2 dan dusun 3. Semua dikerjakan oleh warga Desa Kalong 2.Terkait kenaikan harga BBM tentunyq ada perubahan harga material dan itu semua sudah disesuaikan sebelumnya,” urai Ulul Ajmi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini