Pemkab Bogor Bebersih Setu di Tamansari

0
607 views

BogorPolitan – Tamansari,

Dalam rangka hari ulang tahun Desa Tamansari ke-38 tahun dan mewujudkan potensi daerah Sport dan Tourism serta pengembangan konsep ‘Setu Front City’ yang merupakan bagian dari upaya pengendalian banjir Jabodetabek, Pemerintah Kabupaten Bogor gelar kegiatan ‘Bebersih Setu’ yang berlokasi di Setu Tamansari, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, 06/03/2020.

Bupati Bogor, Ade Yasin, dalam wawancaranya mengatakan, Setu Tamansari merupakan salah satu dari 96 Setu yang ada di Kabupaten Bogor dan Sietu Tamansari ini adalah hulu Sungai Ciapus. Jadi kita pelihara aliran dari Setu ini, sudah kita benahi satu persatu dan Setu ini juga sebagai pengendali banjir.

“Kalau Setu-setu terawat dan alirannya baik, Insya Allah kita dapat lebih mudah dalam pengendalian banjir. Tidak hanya banjir di Bogor tetapi banjir yang mengarah ke Jakarta pun bisa diminimalisir,” ujar Bupati Bogor.

Masih kata Bupati Bogor, tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana kita meminimalisir banjir dengan segala cara dan daya upaya yang kita bisa lakukan.

“Ini kan kerjasama dari Pemerintah Desa dengan masyarakat, jadi masyarakat hari ini diturunkan untuk mengangkat sampah, menjaga lingkungan dan membersihkan lingkungan Setu dan sekitarnya,” kata Ade Yasin.

Kerjasama dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) untuk Situ menurut Ade Yasin sedang diproses dan Setu Tamansari ini akan dikelola BUMDes yang akan menambah perekonomian Desa.

“Disamping itu, kita juga mengharapkan masyarakat juga membuat embung-embung air di pinggir sstu dan sungai, supaya air tidak terlalu banyak turun ke bawah tetapi bisa ditampung di embung-embung yang ada dipinggir setu dan sungai,” harap Ade Yasin.

Reporter : M. Ilyas/Dre

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini