15 Perusahaan Buka Loker Di Job Fair 2023 SMK Kusuma Bangsa Bogor

0
363 views

Bogorpolitan : Ciomas,
Laporan – Dharmawan ||

Untuk yang pertama kalinya SMK Kusuma Bangsa Bogor menggelar Job Fair disekolah. Job Fair 2023 yang bertajuk “Start Your Career and Reach The Bright Future” diikuti 15 Perusahaan dan 3 Perguruan Tinggi Swasta.

Acara dimulai dengan ditandai pengguntingan pita oleh Direktur Yayasan Pendidikan Kusuma Bangsa Bogor Tata Sutisna dan dilanjut oleh Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor Idris S.Kom, Rabu (14/6).

Selain dihadiri Direktur Yayasan Pendidikan Kusuma Bangsa Bogor, Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor, juga tampak hadir Kepala Desa Kota Batu, Pengawas Pembina SMK, Depnaker, Pimpinan/Perwakilan Perusahaan dan Perguruan Tinggi Swasta yang turut berpartisipasi dalam acara Job Fair tersebut.

Direktur Yayasan Pendidikan Kusuma Bangsa Bogor Tata Sutisna sangat respek dan mengapresiasi acara Job Fair 2023 yang baru pertama kali dilaksanakan.
“Kegiatan ini dilaksanakan tentu dalam rangka Penyaluran Tenaga Kerja lulusan dari SMK Kusuma Bangsa dan bagi lulusan dari SMA/SMK sekitarnya,” ucap Tata.
Saya sangat respek, lanjutnya karena kita punya program, bahwa ada 3 kegiatan yaitu PPDB, Proses Pembelajaran dan yang diakhir adalah Penyaluran Lulusan.

“Kegiatan Job Fair ini terus berlanjut kedepannya dengan jumlah perusahaan lebih banyak yang kerjasamanya, dan tentu saja lebih banyak anak-anak yang diterima baik lulusan dari sekolah kita maupun sekolah lainnya,” ujar Tata

Ditempat yang sama Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor Idris S.Kom mengatakan Job fair 2023 ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan Program Bursa Kerja Khusus (BKK), di SMK itu ada BKK Mitra Kerja Depnaker. Untuk membantu Pencari Kerja kita memfasilitasi, mewadahi para pencaker agar alumni-alumni para lulusan ini agar bisa terserap dengan cepat.

“Dalam Job Fair ini kami mengundang beberapa perusahaan besar kurang lebih ada 15 perusahaan, namun peserta bukan dari SMK Kusuma Bangsa saja, kita punya data based pencaker tercover dari 20 SMA/SMK disekitar kita termasuk lulusan dari SMAN 1 Tamansari, SMAN 4 Kota Bogor dan lainnya itu terlihat terdaftar diregistrasi pencaker,” jelas Idris.

Harapannya dengan adanya Job Fair ini kita semakin bisa memfasilitasi lulusan SMK Kusuma Bangsa maupun lulusan SMK/SMA lain pada umumnya untuk dapat pekerjaan yang layak dan sesuai dengan peminatannya.

“Dalam Job Fair ini bisa merekrut banyak Pencaker, apalagi fresh graduate bisa ter-rekrut hari ini dan bulan depan sudah bisa mulai kerja dengan baik,” ujarnya.

Lanjutnya, Job Fair 2023 ini Perdana dilaksanakan SMK Kusuma Bangsa Bogor, kedepannya Insya Allah lebih baik lagi, pelayanan lebih maksimal, optimalisasi pelayanan baik kepada para pencaker, tamu maupun dari perusahaan dan Job Fair mendatang lebih banyak perusahaan yang ikut atau bergabung.

Saat ini layanan Pencaker dengan Digitalisasi, Kusuma Bangsa sudah buat semua ruangan terdigitalisasi.
“Jadi Pencaker tinggal Scand Barcode kemudian isi di Google Form dan Up Loud lamarannya. Kita langsung dapat informasi, setiap perusahaan berapa pencari kerja langsung terdeteksi karena itu buat laporan ke Depnaker,” imbuh Idris.

Sisi lain PR UNBIN (Universitas Bina Niaga) Bogor Dahlia mengatakan Job Fair sangat bermanfaat karena dapat mengurangi pengangguran, sebagaimana diketahui klaim BPS bahwa pengangguran terbanyak adalah lulusan dari SMK maka dengan Job Fair yang bertema “Start Your Career and Reach Your Bright Future” artinya memulai karir anda dan menggapai masa depan yang cerah, sangat membantu masyaralat memudahkan mendapatkan pekerjaan.

“Semoga dengan adanya Job Fair ini kerjasama Industri dan SMK semakin baik, Job Fair bermanfaat bagi masyarakat tidak hanya memfasilitasi lulusan dari SMK Kusuma Bangsa saja tetapi juga dari SMA/SMK Kota dan Kabupaten Bogor, kita dalam satu Komunitas Bursa Kerja Khusus jadi kita saling membantu dan mendukung untuk hal ini,” papar Dahlia.

Sementara Kepala Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Ratna Wulansari menyebut kegiatan Job Fair ini semoga dapat meminimalisir pengangguran khususnya di Kecamatan Ciomas dan umumnya di Kabupaten Bogor.

“Saya sangat mendukung Job Fair ini, sangat luar biasa karena untuk menampung anak-anak yang belum mendapatkan kerja, hari ini infonya hingga 1000 pelamar. Pencaker bisa melalui Online atau datang langsung ke SMK Kusuma Bangsa,” ucapnya.

Ratna juga menyebut tentunya job fair ini dapat menuntaskan warga yang belum bekerja terutama anak-anak yang baru lulus dan sudah lulus beberapa tahun tapi belum bekerja dengan diharapkan kedepannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini