Raih Sekolah Hijau Kota Bogor, SMK Citra Pariwisata Bogor Kembangkan Budidaya Tanaman Hidroponik

0
583 views

Bogorpolitan: Kota Bogor
Laporan – Dharmawan

Hidroponik merupakan salah satu cara menanam tanaman modern atau budidaya tanaman modern yang kini banyak digunakan petani.
Pada bentuk pertanian hidroponik ini adalah sebuah cara tanam yang memakai bantuan air, yang mana pada tanaman tersebut tidak ditanam berada diatas tanah seperti cara tanam pada umumnya.

Hal itulah yang kini tengah diterapkan di SMK Citra Pariwisata Bogor, sekolah kejuruan perhotelan yang cukup ternama tersebut, kini tengah mengembangkan metode Budidaya Bercocok Tanam Hidroponik.

Sutisna S.Pd, M.M.Pd selaku Direktur SMK Citra Pariwisata Bogor kepada awak media menerangkan bagaimana awal mula sekolah ini membuat Tanaman Hidroponik.
“SMK Citra Pariwisata di Bulan Agustus 2023 lalu meraih Prestasi Juara UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Tingkat Kota Bogor, maka sekolah itu menjadi sekolah hijau, dan saya buat satu Program diantaranya dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan bisa menghasilkan uang maka saya buat Tanaman Hidroponik,” ujarnya.

Hiroponik ini bisa memanfaatkan lahan dimana saja, baik dipagar sekolah, halaman sekolah juga kita manfaatkan Rooftop di Education Hotel karena sistem tanam hidroponik tidak menggunakan media tanah.

“Alhamdulillah sudah berjalan bahkan sudah dapat menghasilkan, kita sudah bisa menjual ke Restoran Jepang dan Korea,” terang Sutisna.

Citra Hidroponik Farm nama yang kita berikan untuk Green House ini dikelola oleh Stake Holder SMK Citra Pariwisata juga melibatkan siswa-siswi.
“Banyak Hotel yang mempunyai Green House maka kami persiapkan siswa-siswi SMK Citra Pariwisata, ketika nanti bekerja di satu hotel yang punya Green House, anak didik kami sudah siap,” jelasnya.

Kedepan akan kita perluas, didepan Gedung ada bangunan baru berlantai 4 yang akan diperuntukan Cafe dan Kantin, di lantai 4 seluas 340 M² nanti khusus untuk Tanaman Hidroponik dan anak akan kita libatkan secara khusus artinya akan diberi pengetahuan secara keseluruhan.

Ditempat yang sama Asep Heryana Koordinator Bimbingan dan Penyuluhan Konseling SMK Citra Pariwisata mengatakan dengan ditunjuk menjadi salah satu SMK Sehat mewakili Kota Bogor dan kami mendapat masukan dari Tim Juri dan Dinas Pendidikan untuk menjadi sekolah hijau.

Direktur SMK Citra Pariwisata mencoba mengembangkan Sekolah Hijau dengan Hidroponik. Alhamdulillah Hidroponik sudah berjalan bahkan sudah beberapa kali panen.
“Saat ini ada 3 Jenis Tanaman Hidroponik yaitu Pakcoy, Sawi Pagoda dan Selada. Pada awalnya hasil panen kita bagikan kepada guru-guru, 3 minggu sekali panen. Kemudian kita coba memasarkan dan mengatur strategi pemasaran. Target pertama Restoran ada 2 tempat yang cukup prospek yaitu Resto Japanes Food dan Vegetarian Restoran Alhamdulilkah kami sudah dapat mendistribusikan hasil panen kami walau belum banyak tapi minimal produk yang kami hasilkan sudah diterima dan dikonsumsi masyarakat,” papar Asep.

Kedepan lanjut Asep, akan kita kembangkan menjadi Green House, sentra dari Pertanian Hidroponik, selain dapat membekali siswa tentunya hasil Produk Tanaman Hidroponik kami semakin berkembang dengan pangsa pasar yang lebih luas.

Dalam kesempatan ini di Lt. 4 Rooftop Gd. Education Hotel SMK Citra Pariwisata, awak media mendapat penjelasan dari Anwar Sanusi Praktisi Hidroponik terkait proses penanaman Hidoponik sekaligus praktek siswa cara menanam Hidroponik mulai dari penyemaian bibit sayuran Pakcoy dan Selada kemedia tanam Rockwool, cara memotong Rockwool hingga pengatursn PH air, sirkulasi air juga pemberian nutrisi pada tanaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini