Kementerian Agama/KUA Kecamatan Ciomas Laksanakan Pembinaan dan Pemberdayaan DKM Se Kecamatam Ciomas

Bogorpolitan : Ciomas,
Laporan : Dharmawan ||

DIlaksanakan di Masjid Besar Al Farhan Kecamatan Ciomas Pembinaan dan Pemberdayaan Dewan Kemakmuran Masjid Se Kecamatan Ciomas, Kamis (20/10).

Hadir dalam giat tersebut Camat Ciomas Chairuka Djudhyanto, Kepala KUA Kecamatan Ciomas Saeppullah S,Sy. Danramil 0621-13 Ciomas Mayor CHB (K) Zurnalita Danpos Ciomas Rahman, Pengurus DMI, Pengurus DKM Masjid se Kecamatan Ciomas, Babinmas Kec.Ciomas, Bhabinkamtibmas dan Wawan Darmawan dari AMPHURI selaku pembicara.

Usai acara Saeppullah Kepala KUA Kecamatan Ciomas kepada awak media mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Pembinaan dan Pemberdayaan bagi Pengurus DKM Se Kecamatan Ciomas.

Bahwa tujuan dilaksanakan Pembinaan dan Pemberdayaan bagi para Pengurus Masjid se Kec. Ciomas oleh Kementerian Agama ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pemahaman terkait Manajemen Masjid agar paham dalam mengelola masjid dengan benar.

Selain itu juga disampaikan Informasi Travel Umroh dan Haji, dari AMPHURI diharap pengurus DKM Masjid menyampaikan ke jama’ah berhati-hati saat mendaftar Umroh atau Haji di Travel, karena tidak sedikit Travel yang nakal, maka dalam kesempatan ini disampaikan Informasi dari AMPHURI (Assosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia) bagaimana kita memilih dan mendaftar di Travel Haji dan Umroh.

“Mudah-mudahan dengan penyelenggaraan pembekalan ini para Pengurus DKM Masjid se Kecamatan Ciomas mendapatkan manfaatnya dan menambah ilmu, bagaimana mengelola masjid dengan baik,” ucapnya.

Abdul Azis Siswanto Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kecamatan Ciomas dan Leuwiliang mengatakan jumlah masjid di Kecamatan Ciomas lebih dari 200, karena kapasitas dan masih terapkan prokes maka peserta terbatas, tiap Desa atau Kelurahan di Kec. Ciomas mengikutsertakan 5 DKM, peserta per DKM bisa 2 hingga 3 orang, alhamdulillah peserta antusias.

“Ini pertama kali diadakan sejak saya menjabat di Kecamatan Ciomas sejak tahun 2011, Alhamdulillah bisa merangkul berbagai leading sektor, ada DMI, MUI, Pemerintah Kecamatan bahkan ada Sponsor dari Alifah Tour yang juga sebagai Pengurus AMPHURI,” papar Azis.

Karena keterbatasan waktu, sesi kedua akan kita fokuskan pada bagaimana mengelola masjid yang baik, bagaimana manajemen masjid itu baik dari sisi Idaroh, Umaroh dan Inayahnya.

Tadi sudah disampaikan pemilik Alifah Travel yang juga Pengurus AMPHURI terkait bagaimana memilih Travel Haji dan Umroh yang benar, supaya ada pemahaman jangan asal Haji dan Umroh dengan Travel yang tidak jelas.

Diwaktu yang sama Camat Ciomas Chairuka Djudhyanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Ciomas yang menggandeng DMI dan MUI Kecamatan Ciomas dan Pemerintahan Kecamatan Ciomas.

“Tujuan diselenggarakan acara ini sangat baik, saya sangat mengapresiasi Kementerian Agama dalam memberikan Pembekalan-pembekalan bagi Pengurus DKM Masjid ini, semoga para peserta perwakilan dari DKM Masjid yang ada di Kecamatan Ciomas dapat mengikutinya dengan baik.

Camat berharap dengan pembinaan ini para pengurus masjid khususnya di wilayah Kecamatan Ciomas dapat memahami pengelolaan dan manajemen masjid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!