SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Buka Pra PPDB Tahun Pelajaran 2023-2024

0
355 views

Bogorpolitan : Kota Bogor
Laporan : Dharmawan

Setelah terpilih menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) Sektor Hospitality tahun 2021 dan Skema Lanjutan tahun 2022, SMK Citra Pariwisata Kota Bogor siap menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023 – 2024 untuk dicetak menjadi Lulusan Super Kompeten.

“Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Nomor 29/D/DM/2021 Jakarta mengenai penetapan SMK Citra Pariwisata Kota Bogor sebagai salah satu pelaksana Bantuan Program SMK Pusat Keunggulan yang ditandatangani oleh Dirjen Vokasi Kemendikbudristek pada 28 Mei 2021 lalu di Jakarta” ujar Kepala SMK Citra Pariwisata Sonny Arfan, ST.

Ia menjelaskan penetapan tersebut didapatkan SMK Citra Pariwisata melalui seleksi ketat yang diikuti oleh hampir semua SMK di seluruh Indonesia dalam tahap pengajuan proposal dan interview kepala sekolah oleh Kemendikbudristek.

“Alhamdulillah dan Bissmillah yang kami ucapkan saat penetapan bulan Mei tahun lalu, karena banyak sekali program yang kami harus jalankan untuk mengembangkan SMK Citra Pariwisata Kota Bogor melalui program SMK PK ini” ujar Kepala SMK Citra Pariwisata Sonny Arfan, ST. Selasa (18/10)

Pengembangan SMK PK yang kami harus jalani dirumuskan Kemendikbudristek dalam 8+i Link and Match. Pertama, kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja.
Kedua, pembelajaran diupayakan berbasis proyek riil dari dunia kerja (PBL) untuk memastikan hardskills, softskills dan karakter yang kuat. Ketiga, peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja.
Keempat, praktik kerja lapangan/industri minimal satu semester. Kelima, bagi lulusan dan bagi guru/instruktur sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja.
Keenam, bagi guru/instruktur perlu ditekankan untuk memperbarui teknologi melalui pelatihan secara rutin.
Ketujuh, diadakan riset terapan yang mendukung teaching factory berdasarkan kasus atau kebutuhan. Kedelapan, komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja. Sedangkan huruf “i” adalah berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan dengan dunia kerja. Di antaranya beasiswa dan/atau ikatan dinas, donasi dalam bentuk peralatan praktik dan sarana penunjang lain.

“Kami sudah menerapkan Kurikulum Merdeka yang sekarang sedang gencar diterapkan oleh Kemendikbudristek RI khususnya jenjang SMK dengan proporsi pembelajaran 20% teori dan 80% praktik.” jelasnya.

SMK Citra Pariwisata sudah mulai membuka Pra Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023 – 2024 per 1 November 2022 hingga 31 Desember 2022.

“Animo masyarakat semakin tinggi terhadap keberadaan SMK Citra Pariwisata Kota Bogor sebagai SMK Pusat Keunggulan, sehingga pada tahun pelajaran 2022 – 2023 terhitung jumlah pendaftar lebih dari 500 orang, saya berharap tren positif ini berlanjut di tahun pelajaran 2023 – 2024 mendatang ditargetkan 500 orang peserta didik baru,” ungkap Sonny

SMK Citra Pariwisata Kota Bogor mempunyai dua program keahlian yaitu Perhotelan dan Multimedia (Desain Komunikasi Visual) yang sudah bekerjasama dengan lebih dari 50 industri yang relevan dan juga banyak merekrut lulusan hingga lebih dari 80 persen per tahun.

Sementara di tempat yang sama Sutisna, S.Pd. MM.Pd. selaku Ketua Yayasan Cerdas Insani Batutulis mengatakan, kami sangat berterima kasih pada masyarakat yang begitu tinggi kepercayaannya terhadap SMK Citra Pariwisata Kota Bogor, bahkan kami juga sangat berhati – hati menjalankan amanah dunia pendidikan demi masa depan generasi bangsa yang tangguh cerdas dan bertaqwa. Semoga SMK Citra Pariwisata dapat mewujudkan visinya yaitu menjadi Sekolah Menengah Kejuruan yang berdaya saing demi terwujudnya Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berkepribadian dan bermartabat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini