Sholihin : Pahami Protokoler, Masyarakat Jangan Tolak Pemakaman Jenazah yang Terpapar Covid-19

0
581 views

BogorPolitan – Cibungbulang,

Satuan Tugas (Satgas) Desa Situ Ilir, Kabupaten Bogor dalam pencegahan persebaran Covid-19 namun juga melakukan sosialisasi untuk tidak menolak pemakaman kepada jenazah bilamana mana ada yang terpapar virus corona di wilayah Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Senin 06/04/2020.

Sholihin, Petugas Pembantu Pencatat Pernikahan (P4) mengatakan, menghimbau agar masyarakat untuk memahami protokoler pemakaman jenazah pasien dengan covid-19, sehingga tidak ada lagi penolakan.

“Beredarnya berita penolakan jenazah yang terpapar Virus Covid-19, kami menghimbau kepada masyarakat di desa Situ Ilir jangan sampai ada penolakan kepada saudara kita yang terpapar virus Covid-19 dan sehingga meninggal dunia,” ujarnya.

Menurut Sholihin, jenazah aman dan tidak akan terpapar di sekitar lingkungan, karena sesuai sesuai SOP medis dan para dokter.

“Sesuai instruksi dari Pemerintah Kabupaten Bogor kepada seluruh masyarakat kalau bisa Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) cuci tangan, pakai masker, serta jaga jarak Social Distancing serta patuhi imbauan pemerintah diam di rumah jangan keluar kalau tidak urusan penting karena kita harus waspada terkait Virus Covid-19 ini,” himbaunya.

Hal senada dilontarkan Bripka Rangga Bhabinkamtibmas Polsek Cibungbulang menegaskan, “saya tidak ada henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah Desa Situ Ilir untuk tidak terhasut berita Hoax di Medsos dan provokator lainnya mengenai pemakaman – pemakaman Jenazah yang meninggal terpapar virus Covid-19 atau Corona karena pada saat pemakaman tersebut jenazah sesuai dengan SOP medis yang sudah di tentukan sehingga aman di sekitar lingkungan,” himbaunya.

“Jadi mohon kepada masyarakat untuk sama-sama bijak dan lebih sadar menjaga kebersihan sesuai anjuran pemerintah kalau tidak hal yang penting lebih baik di rumah saja, dan dalam situasi sekarang ini, mudah- mudahan Indonesia segara pulih terbebas dari virus Covid-19 dan normal kembali,” tegasnya.

Ujang Sekertaris Desa Situ ilir menjelaskan, Pemerintah Desa telah mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Situ ilir baik di Medsos atau pun di selebaran untuk saat ini masyarakat menerima jenazah yang terpapar Covid-19 dan kebetulan di desa kami sudah satgas yang tentunya yang melingkupi lapisan masyarakat dari RT, RW dan jajaran pemerintah Desa yang terkait Covid-19.

“Dengan adanya satgas tersebut dimohon kepada masyarakat untuk tetap taat dan patuh yang sudah ditetapkan pada aturan pemerintah kabupaten Bogor, dan kami juga sudah sebarkan kemasyarakatan khusus di Desa Situ ilir,” ujarnya. (And)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini