SMAN 1 Rancabungur Laksanakan Ujian Sekolah Melalui Moda Daring

0
654 views

BogorPolitan – Rancabungur,

Ujian sekolah (US) secara online melalui Aplikasi digelar beberapa sekolah di Bogor, dampak dari mewabahnya Pandemi Virus Corona Covid 19 sehingga pelaksanaan Ujian Nasional dan UKK ditiadakan namun untuk Ujian Sekolah tetap dilaksanakan melalui jalur On Line dengan menggunakan aplikasi sehingga siswa dapat melaksanakan US dirumah masing-masing. Sementara untuk platform pelaksanaan diserahkan kepada masing-masing sekolah. Ada sekolah yang menggunakan Youtube, Google Form, dan aplikasi lain.

SMAN 1 Rancabungur yang berlokasi di Jl. Atang Sanjaya No. 469 Pasir Gaok Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor telah melaksanakan Ujian Sekolah dengan menggunakan Aplikasi bestryout.online.com yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Maret 2020 baru lalu. Sebagaimana yang disampaikan Waka Humas SMAN 1 Rancabungur Drs. Endang R. Burhanudin kepada pewarta melalui pesan whatsapp kemaren.

“Sesuai Kalender Akademik US Tulis seharusnya dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2020 kemudian diundur tanggal 11 Maret 2020 karena ada Agenda Olimpiade Sains Kebupaten yang dilaksanakan serempak di Provinsi Jawa Barat,” tutur Endang.

SMAN 1 Rancabungur mengikuti Program MKKS melaksanakan US Tulis melalui moda daring online bekerja sama dengan Vendor yang disiapkan MKKS, sehingga semua soal sudah difasilitasi Vendor, sekolah tinggal melaksanakan dengan menggunakan Aplikasi bestryout.online.com. Ada 2 type soal yaitu Pilihan Ganda (PG) dan Essay, untuk PG langsung dikoreksi Vendor, kami tinggal menerima hasil sedang untuk koreksi Essay diserahkan pada guru mata pelajaran.

“Metode ini berjalan sesuai rencana dengan menghadirkan siswa di satu ruangan walau dengan moda daring online dan diawasi oleh guru pengawas disetiap ruangnya dan ini berjalan hingga tanggal 14 Maret 2020, namun karena dampak Pandemi Covid 19 yang terjadi sehingga untuk mencegah penularan Virus dikalangan pelajar Pemerintah meliburkan sekolah sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan saat ini, sehingga US tersebut terpending,” jelas Endang. Dan pada tanggal 30-31 Maret kemaren pelaksanaan US Tulis dilanjutkan dengan tetap menggunakan moda daring online siswa mengerjakan dirumah dengan pendampingan orangtua masing-masing dan soal berupa pilihan ganda saja, sambungnya.

“Alhamdulillah sejumlah 229 siswa kelas 12 di jurusan IPA dan IPS telah melaksanakan US dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Dikatakan Endang untuk penilaian US sesuai aturan Pemerintah, SMAN 1 Rancabungur melaksanakan 3 jenis penilaian yaitu Portofolio, Penugasan dan Tulis. Untuk beberapa Mata Pelajaran seperti SJOK, SBK dan PRKW US Tulis diganti dengan praktek dan sudah dilaksanakan sebelumnya.

Mata pelajaran yang di US kan semua mapel yang ada di dua jurusan tersebut yaitu PABP, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggeris, Matematika, Sejarah, Bahasa Sunda, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Ekonomi, Matematika Peminatan, Sejarah Peminatan, Ekonomi Lintas Minat dan Bahasa Jepang. Sedang pelaksanaan US pada Senen (30/3) yaitu Bahasa Indonesia dan Fisika dan Selasa (31/3) untuk Mapel PAPB dan Matematika Wajib.

Diakhir perbincangan Endang berharap semoga Wabah Virus Covid 19 ini segera berlalu, kita bisa kembali dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman dan siswa bisa kembali melaksanakan pembelajaran yg disekolah sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Reporter : Dharmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini