Seren Taun Masyarakat Adat Desa Malasari Nanggung Berlangsung Sejak Tahun 1938

0
833 views

BogorPolitan – Nanggung,

Seren taun kasepuhan Malasari dengan tema ‘Nyusun Hurup Anu Hurip Dina Hirup Titip Ingsun Jati Sunda’ yang diselenggarakan di wilayah Desa Malasari, Kecamtan Nanggung, Jum’at 21/08/2020.

Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 1938, berlangsung dengan dasar inisiasi kebersamaan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kasepuhan Malasari, Udin Saepudin yang didampingi Kepala Desa Malasari, serta tokoh wanita muda yang energik serta berwawasan, Ucu, yang sekaligus pemilik padepokan Raksa buana, menjelaskan

“Merupakan wujud syukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, atas nikmat sehat, serta rezeki yang telah kita terima, setiap tahun diselenggarakan dengan hasil swadaya bersama, serta dukungan dari semua pihak,” ujar Abah Odon sapaan akrabnya.

Senada dengan abah Odon, Kepala Desa Malasari, Andi J Firdaos, mengatakan seren taun adalah kegiatan rutin turun menurun.

“Selain wujud syukur atas apa yang telah kita terima, kita juga memohon kepada Allah SWT, agar hasil kedepan lebih baik,” katanya.

Ditempat yang sama, tokoh wanita yang juga Ketua Padepokan Silat Buana Raksa Budaya, Ucu, memaparkan tentang ‘Nyusun Hurup Anu Hurip Dina Hirup Titip Ingsun Jati Sunda’.

“Itu mengandung makana sangat dalam, yang secara garis besarnya kita harus memiliki ilmu, agar kehidupan lebih hidup sebagai jati diri orang sunda, kalau dikupas dan dijabar kan bisa semalam,” pungkasnya penuh keakraban.

Reporter : M. Ilyas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini