Realisasi Program Satu Milyar Satu Desa Pemdes Ciapus Bangun Jalan Desa

0
237 views

BogorPolitan – Ciomas,

Laporan : Dharmawan ||

Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Satu Desa Satu Milyar mulai digulirkan Pemerintah Kabupaten Bogor yang didanai dari APBD bagi 416 desa yang ada di Kabupaten Bogor disambut baik Pemerintah Desa.

Salah satunya Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor melaksanakan Launching Program Sami Sade di Aula Kantor Desa, Senin (7/11).

Usai acara Kades Ciapus Pendi Bin Asim S.E kepada awak media mengatakan Program Sami Sade Tahun 2022 ini kami realisasikan untuk Infrastruktur jalan yang ada di 4 titik pembangunan. 3 titik dengan pengaspalan dan 1 titiknya betonisasi jalan.

“Pembangunan Infrastruktur jalan didesa kami ini memang sangat diharapkan oleh masyarakat, sebagaimana diketahui tadi dalam diskusi dengan warga banyak yang bertanya terkait pembangunan jalan,” ungkap Pendi.

Maka dengan Launching ini warga menjadi tau kapan pelaksanaan, bagaimana speknya dan wilayah mana saja yang akan dibangun. Sehingga mereka tidak bertanya-tanya lagi apa yang dilakukan Sami Sade ditahun 2022 ini.

“Dengan launching ini dapat memperjelas, misalnya ada perubahan atau penambahan dan sebagainya sehingga jelas pelaksanaanya,” urai Pendi.

Total anggaran yang diterima Pemdes Ciapus sebesar Rp. 1 Milyar, ditahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen dialokasikan untuk 4 titik kegiatan.

Ada 3 titik kegiatan Pengaspalan jalan, titik pertama di wilayah RW 03, RW 04 dan RW 15, Titik ke 2 di RW 03 dan RW 08 dan titik ke 3 di RW 07 dan RW 14. Total panjang jalan pengaspalan mencapai 2 KM dengan lebar 2,5 meter dengan ketinggian 0,03 meter.
Sementara titik ke 4 berupa Pengecoran atau Betonisasi Jalan di wilayah RW 10 dan RW 11 dengan panjang 330 meter lebar 3,5 meter dan tinggi 15 centimeter.

“Untuk pelaksana oleh TPK dan LPM sebagai Pemberdayaan Masyarakat, diharapkan warga yang bisa ikut bekerja disitu,” terangnya.

Bahkan bagi warga yang mempunyai Toko Material, untuk meterial pembangunan ini kita beli dengan harga yang wajar sehingga perputaran uang untuk masyarakat juga, sambungnya.

Lebih lanjut Kades mengatakan pelaksanaan Sami Sade ini diharapkan warga turut partisipasi ikut membantu saat pembangunan.
sehingga timbul rasa kebersamaan dan kegotong royongan para warga di wilayah.

“Dengan pembangunan Sami Sade ini mobilisasi warga menjadi lancar dan nyaman, perkembangan UMKM terus meningkat seiring berkembangnya tingkat perekonomian masyarakat, karena Program Unggulan dari Kabupaten Bogor ini untuk kemaslahatan warga,” pungkas Pendi

Hadir dalam giat tersebut Camat Ciomas, unsur Muspika lainnya, Kades beserta Sekdes Ciapus, Pendamping Desa, BPD, LPM, Ketua Rt/Rw Toga Tomas dan masyarakat sekitar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini