Pengungsi Korban Bencana Jemput Logistik ke Posko PKH

BogorPolitan – Cigudeg,

Bencana banjir dan tanah longsor, pada empat wilayah Kecamatan, di Kabupaten Bogor bagian barat, pasca bencana menyisakan masalah yang berkelanjutan. Mulai dari relokasi, trauma, hingga kekurangan logistik untuk makan sehari-hari, karena harus ada persyaratan yang harus dipenuhi warga terdampak langsung bencana, sehingga harus berinisiatif.

Nazwa Assyifa, salah satu pengungsi di Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, mengaku kekurangan logistik juga kurangnya peralatan masak untuk makan sehari hari karena keluarganya banyak, juga keluhan dari beberapa warga lainnya, “saya berinisiatif untuk mencari logistik di beberapa posko,” ungkap Nazwa Kamis 16/01/2020.

Tidak semua posko mudah memberikan logistik kepada pengungsi, harus ada persyaratan, sehingga Nazwa mengunjungi posko Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Bogor, meski tempatnya jauh, serta berterima kasih Kepada Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH).

“Untung ada teman yang menyarankan untuk minta ke Posko PKH, walau jauh saya tempuh, demi mendapat logistik, PKH sangat tanggap dan mengerti keluhan kami, hingga melayani kami dan tidak mempersulit memberikan logistik yang kami butuhkan, terimakasih SDM PKH semoga tambah berkah dan sukses,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Uwaesul Qurni HB Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Kecamatan Cigudeg, “Posko kami tidak pernah mempersulit warga yang meminta logistik, siapapun yang terdampak bencana. karena kita hanya menampung dan menyalurkan bantuan dari berbagai sumber atau donatur untuk meringankan korban,” kata Uwes.

Ditempat yang sama, Abidah W. Lestari, Koordinator PKH Kabupaten Bogor mengatakan, “SDM PKH berbagi peran, ada yang di posko dan ada yang mendistribusikan logistik ke semua tempat pengungsian di Kecamatan Sukajaya dalam sehari kami menurunkan Relawan sebanyak empat puluh orang untuk distribusi logistik dan piket diposko,” ungkap Abidah.

Masih kata Abidah, “dari sehari pasca terjadinya bencana, hingga sekarang, kami masih terus bersemangat mencari dan menyalurkan bantuan, untuk korban bencana alam yang menimpa Bogor Barat ini,” pungkasnya.

Reporter : M. Ilyas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!