Penetapan Calon Kades Di Desa Sukmajaya Berlangsung Lancar Dan Kondusif

0
959 views

BogorPolitan – Tajurhalang,

Pelaksanaan Bakal Calon Kades menjadi Calon Kades Sukmajaya, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sukmajaya, Rabu (18/9) berlangsung tertib lancar dan kondusif.

Keempat Bakal Calon Kepala Desa Sukmajaya yang ditetapkan menjadi Calon Kepala Desa Sukmajaya oleh Ketua Panitia Pelaksana Agus Salim, yaitu Kinang yang merupakan incumbent, kemudian Subarkah alias Borex, Amid alias Togev dan Ecep Surasman yang pernah menjadi Kades Sukmajaya diperiode sebelumnya hadir tepat waktu dan dihantar para pendukungnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua BPD Sukmajaya, Babinsa, Bhabimkamtibmas, Plt. Kades Sukmajaya, Kasipem Kecamatan Tajurhalang serta para tokoh masyarakat dan lainnya.

Usai acara penetapan Ketua Panitia Pilkades Sukmajaya Agus Salim mengatakan bahwa setelah melalui beberapa tahapan sesuai dengan Perbup No. 37 tahun 2019 tentang Pilkades, pada tahapan ini yaitu Penetapan Balon Kades menjadi Calon Kades dan sudah dilaksanakan Verifilasi Administrasi dan Verifikasi terjun kemasyarakat dan ke 4 bakal calon dinyatakan dan ditetapkan menjadi Calon Kades.

“Dalam acara ini juga kita sampaikan terkait DPS (Daftar Pemilih Sementara) dan DPTam (Daftar Pemilih Tambahan) yang nanti akan kita tetapkan menjadi DPT akan dilaksanakan secara musyawarah, berkas DPS dan DPTam berkasnya sudah kita serahkan kepada para Calon Kades untuk diperiksa dan dipelajari lebih lanjut,” terang Agus.

Agus mengatakan untuk pengundian nomor urut Calon Kades akan dilaksanakan diakhir bulan Oktober. “Tanggal pengundian Nomor bagi Calon Kades belum ditetapkan namun diperkirakan akan dilaksanakan di Akhir Bulan Oktober sekaligus Pemaparan Visi Misi dari masing-masing Calon Kades,” jelasnya.

Terkait masa kampanye yang dilaksanakan selama 3 hari Agus mengatakan Kampanye Calon Kades dibagi kedalam 3 Zona untuk waktu dan wilayahnya akan ditentukan kemudian, sementara Kampanye di hari ke 3 akan dilaksanakan Kampanye Bersama, Kampanye Damai semua Calon Kades secara serentak.

Pada hari H pelaksanaan Pilkades tanggal 3 November 2019 akan dilaksanakan disatu tempat yang strategis tidak jauh dari pemukiman dan bisa dijangkau semua lapisan masyarakat.

“Dipilkades tahun ini tidak kita sediakan mobil jemputan untuk pemilih karena pilkades tahun ini tidak ditargetkan prosentasenya, berapapun yang melaksanakan hak pilihnya jam 13.00 WIB kita syahkan,” tegasnya.

Untuk partisipasi pemilih dalam Pilkades dengan gerakan yang dilakukan oleh Tim Sukses dari para Calon Kades secara otomatis akan tersosialisasikan, kalau kehadiran Pemilih di Desa Sukmajaya ini jangan diragukan lagi karena di Pilkades sebelumnya prosentase kehadiran pemilih mencapai 89% dari jumlah DPT dan tahun ini In Sya Allah bisa mencapai diatas 90%.

Disinggung dana operasional Panitia Pilkades Agus mengatakan bahwa Anggaran Pilkades dari Pemkab Bogor akan dicairkan ketika kita sudah ajukan DPT dan untuk sementara ini kita menggunakan Dana Talangan nanti setelah dana dari Pemkab cair kita kembalikan.

Sementara ini Tabungan Desa untuk operasional sudah kita gunakan kurang lebih 50%nya.

Agus menambahkan dengan telah ditetapkannya menjadi Calon Kades bagi ke 4 kontestan ini diharapkan untuk dapat menjaga kondusifitas, jaga gambar yang sudah terpasang silahkan cari simpati melalui Sosialisasi pada para calon pemilih.

“Jangan ada arogansi karena bukan bagaimana perbanyak gambar tapi bagaimana para calon kades ini perbanyak pemilih,” pesannya

Karena ditahapan ini kita butuh kuantitas bukan kualitas tapi setelah terpilih barulah kualitas yang kita cari.

Diakhir perbincangan Agus mengatakan kalau sekarang Kades sudah bagus dalam menjalankan amanahnya. Tapi untuk peningkatan dan kemapanan pada masyarakat yang kita harapkan tinggal sisi kesejahteraan warga Desa Susukan.

Karena kalau dilihat dari pembangunan Infrastruktur dan lainnya bisa mengimbangi wilayah wilayah yang sudah maju.

“Saya menghimbau pada para pendukung dari masing-masing Calon Kades untuk bersama melaksanakan Deklarasi Kampanye Damai,” katanya.

“Semoga pelaksanaan Pilkades di Desa Susukan ini berlangsung aman, damai dan tanpa ekses, siapapun yang terpilih adalah Putra Terbaik Desa Sukmajaya yang menjadi Kepala Desa Sukmajaya untuk kemajuan dan kesejahteraan Desa Sukmajaya,” pungkasnya.

Reporter : Dharmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini