Idul Fitri 1440 H, 604 Warga Binaan Lapas Paledang Bogor Mendapatkan Remisi

0
633 views

Bogorpolitan -Kota Bogor,

Sebanyak 951 Muslim warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Paledang Kelas llA Bogor, mengikuti ibadah shalat Idul Fitri di area Lapas Paledang, turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Lapas (Kalapas) Paledang, Teguh Wibowo. Seusai pelaksanaan tersebut, dibacakan langsung pemberian Remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang secara simbolis diberikan kepada seorang warga binaan oleh Kalapas Teguh Wibowo, yang diantaranya 5 orang langsung bebas, Rabu 05/06/2019.

Teguh Wibowo mengatakan pemberian remisi ini rutin diberikan oleh pemerintah melaui Kementerian Hukum dan HAM pada moment Hari Raya Idul Fitri.

“Dari 981 warga binaan di Lapas Paledang ini yang mendapatkan Remisi khusus Hari Raya Idul Fitri pada tahun 2019 berjumlah 604 orang dan lima orang langsung bebas, ” ujar Teguh.

Lebih lanjut, Teguh menerangkan bahwa untuk Remisi Khusus (RK l) berjumlah 601, sementara lanjutnya untuk RK II sebanyak 3 orang dengan berdasarkan tindak pindana yakni untuk kasus Narkoba RK l, 238 orang dan RK ll, 2 orang. Sementara untuk tindak pidana lainnya RK l, 363 orang dan RK ll, 1 orang.

Disamping itu terkait dengan narapidana yang sudah bebas, Teguh meminta kepada masyarakat untuk dapat menerimanya kembali dengan baik, karena menurutnya bahwa mereka juga punya hak untuk hidup bermasyarakat.

“Saya berharap bagi narapidana yang sudah bebas dapat kembali menjalani kehidupannya diluar sana menjadi lebih baik dengan tidak kembali ke jalan yang salah. Saya juga meminta kepada masyarakat agar dapat menerima mereka kembali secara baik dengan turut membimbingnya agar menjadi insan yang lebih baik. Bukan justru di asingkan ataupun menjadi celaan, karena mereka juga manusia yang tentunya punya hak untuk kembali hidup layaknya bermasyarakat, khususnya menjalani hidupnya kembali dengan baik,” imbuh Teguh.

Adapun sesuai data warga binaan di Lapas Paledang Bogor yang jumlah penghuninya melebihi kapasitas, Teguh berharap hal itu dapat segera diatasi sesuai dengan yang sudah direncanakan oleh Pemerintah.

Reporter : Anwar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini