Ciptakan Hidup Bersih Ditengah Pandemi Covid-19, Muspika Nanggung dan Pemdes Bantarkaret Lanjutkan Kegiatan Jumsih

0
764 views

BogorPolitan – Nanggung,

Agar masyarakat berkehidupan bersih dan sehat serta memutus mata rantai Covid-19, Pemerintahan Desa (Pemdes) Bantarkaret bersama Muspika Kecamatan Nanggung melaksanakan Kegiatan Jum’at beresih (Jumsih), pada Jumat (17/07) tadi pagi.

Selain bagian dari program Panca Karsa untuk hidup sehat dan bersih, hal itu juga dilakukan untuk memutus penyebaran mata rantai Copid 19.

Camat Nanggung, Ae Saepullah mengatakan, kegiatan Jumsih ini sudah lama terhenti semenjak pada 2020 Januari lalu setelah adanya bencana longsor dan banjir di tambah adanya pandemi covid 19.

“Sebelumnya sudah terjadwalkan bahkan sudah dilakukan di semua desa yang ada di Kecamatan Nanggung pada tahun 2019, namun pada tahun 2020 Januari awal, ada bencana lanjut dengan Covid-19. Selama itu terhenti, saat ini baru kita mau mulai lagi,” ungkap Ae saat diruang-kerjanya.

Beberesih yang di laksanakan berawal dari Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang terletak di kampung tugu RW 09 hingga RW 010 dan RW 012.

“Kita coba apa yang kita bisa lakukan terutama sudah lama terhentikan kita coba bangun kembali, sesuai dengan kebutuhan karna Jumsih itu bukan sekedar program ibu Bupati tapi kebutuhan buat masyarakat, sebenarnya kebersihannya tidak terlalu diharapkan tetapi pesan moralnya betapa pentingnya terhadap lingkungan,” lanjutnya.

Dalam kegiatan Jumat Bersih tersebut di pimpin langsung oleh Camat Nanggung, Ae saepullah bersama unsur Muspika Kecamatan serta Pemerintah Desa Bantarkaret bersama warganya.

Sementara itu, warga Desa Bantarkaret terlihat antusias dengan kegiatan ini. Motivasi mereka tujuannya agar lingkungan warga bersih dari kotoran dan sampah, karena menjaga kebersihan merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama.

Kepala Desa Bantarkaret H. Kate, (sapaan akrab) mengatakan, bahwa kegiatan Jumat Bersih dilakukan guna mendukung program pemerintah, pihaknya melibatkan warga serta aparat Desa agar tercipta lingkungan yang sehat dan bersih.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan rasa cinta lingkungan dan kebersihan kepada masyarakat. Karena jika lingkungan bersih otomatis hidup juga akan menjadi sehat, sesuai dengan Panca Karsa” pungkasnya.

Reporter : Andri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini