SMKN 1 Bogor Mencetak Siswa Kreatif

0
605 views

Bogorpolitan – Kota Bogor,
SMKN 1 Bogor, merupakan tempat dimana anak bangsa menimba ilmu, banyak hal diajarkan disana, mulai dari teori hingga praktek, sehingga bisa diaplikasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya ilmu pengetahuan semata namun ada seni dan kreativitas, bahkan mendaur ulang sampah, mengubah sampah plastik menjadi barang bermanfaat bahkan memiliki nilai jual.

Uus Sukmara selaku Plt Kepala SMKN 1 Bogor menjelaskan bahwa kami ingin menciptakan lulusan yang berkualitas, mulai dari memiliki keahlian sampai bisa menciptakan lapangan usaha setelah lulus dari SMKN 1 Bogor.

“Saya bangga dengan kreativitas siswa SMKN 1 Bogor, mulai dari mengubah sampah plastik menjadi barang yang memiliki manfaat hingga kreativitas seni dan prestasi lainnya baik dibidang akademik maupun non akademik” ujar Uus.

Barang bekas sering dipandang sebelah mata, bahkan sering dibuang dan dijual dengan harga yang sangat murah. Tetapi di tangan orang kreatif, barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga mahal, seperti halnya yang dilakukan siswa SMKN 1 Bogor.

Uus berharap agar kreativitas siswa ini bisa terus dikembangkan dalam pengawasan dan bimbingan guru, karena saya yakin jika memiliki kreativitas dan jiwa seni yang tinggi, maka kelak siswa tidak akan sulit memasuki dunia kerja, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pada bagian lain Nani Maryani selaku Waka Humas SMKN 1 Bogor mengungkapkan kekagumannya terhadap peserta didik SMKN 1 Bogor, dimana mereka bisa berkreasi dengan sampah plastik yang kemudian diubah menjadi baju, taplak meja, tempat tisyu, tas dan banyak lagi hasil karyanya. ” Kami selaku guru akan terus memberikan semangat dan motivasi kepada siswa mengingat ini merupakan salah satu implementasi dari praktek atas pembelajaran pada jurusan masing-masing.

Selain kreativitas dari sampah plastik, siswa juga diajarkan agar bisa berwirausaha, dengan mengolah makanan yang kemudian dititipkan di kantin sekolah, bahkan saat jam istirahat siswa jajan dengan makanan yang dijajakan dari hasil karya temannya.

“Kami mendidik sekaligus memberikan modal usaha kepada siswa, kemudian siswa diajarkan untuk bisa memanage uang modal tersebut agar bisa dikembalikan dalam kurun waktu yang ditentukan sesuai nominal awal, tetapi mereka juga harus bisa menciptakan keuntungan atas modal yang diberikan tersebut, karena dalam usaha bisa memperoleh keuntungan berapapun nilainya itu relatif, karena itulah yang disebut jiwa berwirausaha” ucap Nani.

Hasil kerajinan siswa SMKN 1 Bogor dari pengolahan sampah plastik menjadi barang yang bisa dipakai dan memiliki nilai jual ini telah membuahkan prestasi dengan meraih juara 1 tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kampus IPB.
(Lisan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini