Presiden Joko Widodo Hantar Ibu Ani

0
565 views

Bogorpolitan – Jakarta,

Presiden RI Joko Widodo sesuai jadwal memimpin upacara pemakaman kenegaraan almarhumah Ibu Kristiani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (02/06) pukul 14.50 Wib. Mantan presiden ketiga BJ Habibie dan mantan presiden kelima Megawati Soekarnoputri turut hadir bersama suami almarhumah, Susilo Bambang Yudhoyono, di dekat liang lahat.

Kepala Negara bertindak selaku Inspektur Upacara di depan ratusan pelayat di Blok M no. 28. Setelah Presiden membacakan sambutan penghantar jenasah, pasukan kawal kehormatan dari ketiga angkatan mengeluarkan jenasah dari peti mati dengan iringan tembakan salvo dan penghormatan penuh dari pelayat yang hadir.

Jenasah Ibu Ani yg berselimut kain kafan putih lalu diturunkan ke liang lahat dengan khidmat. Kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Eddie Baskoro Yudhoyono, turut turun ke liang lahat untuk mengatur posisi tubuh jenasah ibundanya agar menghadap kiblat

Selanjutnya, mantan presiden SBY memimpin keluarga inti melakukan tabur bunga ke dalam liang lahat dengan diiringi lagu “Gugur Bunga” dari korps musik. Wajah SBY tampak sedih dan muram, meski tidak lagi meneteskan air mata.
Kedua putranya, menantu & para cucu ikuy&menaburkan bunga dan air mawar sebagai penghormatan terakhir.

Presiden Joko Widodo lalu menaburkan tanah dengan sekop sebagai tanda penutupan liang lahat. Makam lalu ditutup dengan tanah merah oleh para petugas TMP Kalibata.

Dalam acara pemakaman itu tampak hadir Ibu Negara Iriana Widodo, mantan Presiden BJ Habibie & Megawati Soekarnoputri, mantan Wapres Boediono dan Try Soetrisni, serta sejumlah menteri Kabinet Kerja dan Kabinet sebelumnya.

Cuaca mendung menggelayut langit di atas TMP Kalibata, Minggu sore. Lalu lintas berkurang karena pengalihan arus lalu lintas.

Reporter : Erwinsyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini