Jokowi Kunjungi Desa Harkat Jaya Serta Serahkan Bantuan Uang Tunai 100 juta

0
732 views

BogorPolitan – Sukajaya,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi terdampak banjir dan tanah longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor. Kunjungan Jokowi dalam rangka menyalurkan bantuan kepada korban bencana di Sukajaya.

Jokowi tiba di Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (7/1/2020). Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dan sneakers hitam, didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon.

Begitu tiba, Jokowi langsung menuju kantor Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, yang dijadikan posko utama. Jokowi kemudian tampak berdialog dengan warga. Dia juga meminta penjelasan dari para Menteri yang menangani.

 

Usai berbincang, Jokowi pun menuju desa lain yang masih terisolasi. Seperti Desa Kiarapandak, Desa Kiara Sari dan Desa Urug, yang merupakan lokasi terparah. Jalan menuju lokasi penuh lumpur. Alat berat juga masih beroperasi untuk membuka jalan.

Jokowi memberikan bantuan berupa uang tunai senilai 100 juta, yang diserahkan langsung kepada Kepala Desa Harkat Jaya, Muhammad Soleh.

Pada bagian lain, Kepala Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Muhamad Soleh, menyampaikan jika dirinya mengajukan relokasi warga agar tidak mengalami kejadian serupa, yakni bencana banjir bandang hingga membuat semua akses tertutup.

“Tadi saya minta tolong ke Pak Presiden agar warga saya dipindah. Takut terulang kembali,” kata Soleh usai berbincang dengan Presiden, Selasa (7/1/2020), untuk tempat relokasi memang sudah ada, yakni milik PTP dan berupa persawahan.

“Soal tempat, saya bilang sudah ada. Tapi itu mah terserah, yang penting kami ditempatkan pada tempat yang aman, enak sehingga jangan sampai terulang kembali,” ujar Soleh

Pihaknya pun diminta berkoordinasi dengan Bupati Bogor. Untuk pembangunannya akan dilakukan oleh pemerintah pusat. “Kata Pak Jokowi, saya diminta datang ke Bupati Bogor dan pusat akan melakukan pembangunannya,” pungkas Soleh.

Minggu (5/1/2020) pagi, Jokowi sempat melakukan peninjauan menggunakan jalur udara dari Lapangan Udara Atang Sandjaya, Bogor. Pesawat yang ditumpangi rombongan Jokowi sempat berputar-putar untuk melakukan pendaratan di lapangan Kecamatan Sukajaya, di Desa Pasir Madang, salah satu lokasi yang terisolir.

Namun karena cuaca buruk, kondisi hujan lebat dan kabut tebal serta petir, Panglima TNI ikut mengintruksikan agar pesawat kembali naik.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sukajaya, Ridwan mengucapkan terima kasih atas kunjungan serta bantuan yang diberikan oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo kepada Desa Harkat Jaya yang terkena musibah, semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi warga Harkatjaya dan membantu untuk mencukupi keperluan warga selama beberapa hari kedepan.

“Agar warga Harkat Jaya bisa direlokasi ke tempat yang lebih aman, karena dikhawatirkan ada bencana susulan, mengingat cuaca yang masih turun hujan setiap harinya,” ujar Ridwan.

Rencananya, dari Sukajaya, Jokowi akan meninjau lokasi bencana di Lebak, Banten.

Jokowi berharap agar warga yang terdampak bencana, mau direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Reporter : Ellis

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini