HUMAS SEKOLAH DALAM PPDB 2020/2021 (BuCan, Humas SMKN1 BOGOR)

0
1,726 views

BogorPolitan – Bogor Kota,

Pada dasarnya lembaga pendidikan merupakan organisasi sosial yang memiliki publik internal dan eksternal. Lembaga pendidikan merupakan agen perubahan dan tempat untuk menyalurkan ilmu kepada generasi penerus bangsa. Di era globalisasi pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Terutama di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana persaingan semakin meningkat dan perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan terlahirnya generasi penerus bangsa yang mampu berfikir kritis dan yang lebih pintar sesuai dengan perubahan yang terjadi. Dan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal dituntut untuk menjadi pengemban amanat ilmu pengetahuan untuk menjawab.

Nani Maryani atau yang akrab disapa Bucan selaku Waka Hubinmas SMKN 1 Bogor mengatakan bahwa peran humas di sekolah sebenarnya bisa membantu menetralisir persoalan sekolah. Sesuai tugasnya, humas memiliki peran ganda dalam kinerjanya yaitu fungsi internal dan eksternal. Tugas humas sebagai alat komunikasi internal lebih kepada membangun komunikasi dan distribusi informasi ke dalampersonal di lembaganya.

Ada tiga inti fungsi Humas yang cukup penting, yaitu menjadi corong informasi, managemen krisis dan mengelola prestasi demi meningkatkan citra sekolah.

“Fungsi Humas itu ada tiga, diantaranya corong informasi program, kegiatan, prestasi apapun yang bersifat sensitif. Kemudian, biasanya di sekolah itu dinamika persoalannya tinggi, maka di sinilah fungsi Humas dalam mengelola dan menyelesaikan krisis, agar tidak langsung mencuat ke publik. Lalu, terkait dengan prestasi atau penghargaan yang diterima sekolah, maka peran Humas yakni untuk menjaga citra sekolah tersebut,” jelas Bucan.

Menurutnya, Humas tidak hanya bertugas membangun citra sekolah, namun juga bertujuan membangun reputasi sekolah. Reputasi sekolah bisa dibangun dengan mempublikasikan prestasi yang dimiliki sekolah ke publik, baik secara akademik maupun non akademik.

“Pada saat PPDB, Humas berperan memberikan informasi, terlebih dimasa pandemi Covid 19 seperti sekarang, dimana semua sistem dilakukan online atau daring, saya mewakili pihak sekolah memberikan informasi yang berkaitan dengan SMKN 1 Bogor, baik sarana dan prasarana yang ada, ekstrakurikuler, jurusan yang ada di sekolah kami serta prestasi yang telah diraih sekolah, itu dijabarkan secara gamblang dalam kegiatan sosialisasi secara online atau daring kepada sekolah SMP yang ada di sekitar atau jaraknya dekat dengan SMKN 1 Bogor,” terang Bucan.

Bucan berharap humas sekolah bisa menjadi corong informasi semua kegiatan yang ada di sekolah, kemudian kegiatan PPDB tahun 2020/2021 bisa berjalan lancar serta pandemi Covid 19 bisa cepat berlalu, sehingga kegiatan belajar bisa kembali normal dan dilaksanakan di sekolah, tidak melalui online atau daring seperti yang saat ini tengah dilaksanakan.

Elis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini