Gercep Desa Koleang Cegah Pandemi Covid-19

0
596 views

Bogorpolitan – Jasinga,

Gerakan Cepat (Gercep) sebagai bagian dari Panca Karsa Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Koleang, Kecamatan Jasinga bersama Babhinkambibmas, Babinsa, beserta Rt dan Rw, juga melibatkan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), melanjutkan penyemprotan disinsfektan yang kedua, dalam pencegahan dan pemutus pandemi Covid-19.

“Penanganan antisipasi pandemi dalam Gerak Cepat Desa Koleang, yang kami mulai padadari tanggal, tanggal 04/04/2020, yang kami instruksikan melalui jajaran dilanjutkan ke Kepala Dusun, Rt dan Rw, hari ini sebagai pelaksanaan yang kedua bagi penanganan Covid-19,” ungkap Sekretaris Desa Koleang, Wawan, di Kantor Desa Koleang, Jum’at 10/04/2020.

Dalam bentuk pencegahan pandemi, selain penyemprotan, Pemerintah Desa Koleang juga akan menindak lanjuti dengan pemortalan, akses keluar masuk wilayah.

“Pemortalan pintu masuk, keluar tempat berlalulalang, warga yang datang dari Jakarta, maupun luar kota, selanjutnya cek suhu tubuh dengan infrared themometer, keadaannya apakah normal atau tidak, jika terdeteksi suhu di Atas 38°c, kami mengadakan karantina Untuk warga tersebut,” imbuh Wawan.

Penyemprotan Disinspektan yang dilakukan di 39 Rt, 9 Rw, meliputi pangkalan ojek, pos ronda, masjid, musholah, pondok pesantren.

“Kami pun sudah menghimbau ke Warga Masyarakat terkait dengan Bank Emok, Leasing, Debtcolector, yang sebagai mana yang di intruksikan oleh pemerintah pusat dan sumber dana kegiatan ini menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa,”ungkap Wawan.

Dalam kesempatan yang sama, Hapsah Buhori, ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Desa, mendukung kegiatan Kepala Desa Koleang, serta menginstrksikan kadernya untuk melakukan hal yang sama,

“Setiap warga yang baru datang dari luar, menyarankan ke Puskesmas untuk di periksa, agar keluarga di rumah aman dan nyaman, Rt, Rw, Kadus, Puskesmas, sebagai garda terdepan mengantisipasi warga masyarakat, kami mengintruksikan jangan lupa cuci tangan memakai sabun dan menjaga kebersihan lingkungan, serta setelah berpergian menganti pakaian,” tegasnya penuh harap.

Reporter : M. Ilyas / D D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini