Pjs Desa Cimanggu 1 Harapkan Dana Pilkades Segera Dicairkan

0
761 views

BogorPolitan – Cibungbulang,

Waktu pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak tinggal menghitung hari, tahapanpun sudah mulai memasuki babak akhir namun anggaran yang berasal dari Kabupaten yang diharapkan belum kunjung cair. Hal tersebut diungkapkan Pejabat Sementara (Pjs) Desa Cimanggu 1, Asep Sukardi diruang kerjanya Kamis 17/10/2019.

“Sejauh ini cimanggu satu kondusif, empat calon yang mengikuti kontestasi Pilkades cukup kooperatif menjaga kondusifitas wilayah, terbukti seluruh ketentuan peraturan di Perbup kita masih pegang, artinya walaupun ada tahapan yang dipercepat yaitu pengundian nomor urut dan mekanisme tata cara kampanye, itu kan memang diperbolehkan dengan adanya surat dari Sekda,” papar Asep.

Asep menambahkan, berdasarkan ajuan dan kesepakatan, banner para calon hanya dibuatkan oleh panitia.

“Berdasarkan ajuan dan kesepakatan mereka, terkait Alat Peraga Kampanye (APK) yang harus dicetak, kalau harus dipentokin tanggal 25 kan gak leluasa, tapi untuk APK masih kondusif karena memang tidak ada kesepakatan mereka untuk memasang bannernya, desa cimanggu satu hanya 4 banner calon dari panitia yang memang keempat-empatnya itu masih menjaga,” tambahnya.

Sementara itu, pencairan dana Pilkades untuk 7.203 DPT yang terdaftar, belum dapat dicairkan.

“Termasuk pencairan dana Pilkades yang dari Kabupaten sudah kita ajukan, tinggal menunggu proses Kecamatan, artinya ini harus dipercepat, untuk APBDes yang 28 juta sudah nyaris habis terserap oleh panitia, walaupun uangnya belum cair semua, yang bersumber dari BHPRD tahap ke tiga sudah kami berikan, sisanya 18 juta untuk BHPRD tahap ke empat itupun belum ada uangnya, tapi sudah dianggarkan plus sudah ditalangin, sudah terpakai entah berapa berapanya mungkin bendahara dengan ketua pilkades yang tahu,” ungkapnya.

Asep berharap, untuk bantuan dari Kabupaten ini segera dicairkan, karena terkait dengan hal-hal yang besar, tempat, lokasi untuk tps sudah ditentukan dan sepakati ada lokasinya di lapangan dekat desa di rt 04 rw 08 sudah ditetapkan dan sudah dapat izin juga dari yang punya tempat, tinggal mungkin itu juga butuh pendanaan yang urgent.

“Artinya kebutuhan pencairan harus disegerakan, makanya kami minta ke Kasipem Kecamatan Cibungbulang, untuk mempercepat pencairan, karena Cimanggu Satu seluruh tahapan dan pelaporannya sudah lengkap, jadi nunggu apalagi, tanda tangan dong, supaya segera bisa dicairkan,” pungkasnya penuh harap.

Reporter : M. Ilyas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini