Menuju Kota Cirebon Bebas ODGJ & Pasung Tahun 2019, Pemkot Cirebon dan RSMM Siap Tangani 562 ODGJ,

0
626 views

BogorPolitan – Cirebon,

Dalam rangka menyongsong Kota Cirebon Bebas ODGJ dan Pasung Tahun 2019, Pemkot Cirebon dan RSMM mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, bertempat di Graha Husada Lantai 2 Gedung Dinkes Kota Cirebon Jl. Kesambi No.52 Kota Cirebon, Senin, 08 Juli 2019, pkl. 13.00 WIB s.d selesai.

 

60-an peserta, turut hadir dalam rakor tersebut, yang terdiri dari bagian Kesra Pemkot Cirebon, Dinkes, Dinsos, Polsek, Satpol PP, Poltekes prodi Cirebon, RS Gunung Jati, Keswa Puskesmas, TKSK, PSM, Pendamping Disabilitas, RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, dll, yang membahas tentang pelayanan kesehatan jiwa masyarakat Kota Cirebon, seperti penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Pasung, ODGJ Masyarakat Miskin (Maskin), ODGJ terlantar/ OT, beserta permasalahannya.

Tri Mulyaningsih, SKM. MKM, sebagai Kabid P2P, beserta Gusida Napitupulu, SKM. MH.Kes, sebagai Kasie P2PTM & Keswa, tampil membuka sekaligus memimpin jalannya rakor yang didampingi oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Promotor Keswa dari RSMM, yang menyampaikan tentang penanganan ODGJ di RSMM dan penanganan ODGJ di masyarakat, hasil kerjasama RSMM dengan kota dan kabupaten di Jabar dan Banten.
Dalam sambutannya, Tri Mulyaningsih menyampaikan bahwa Dinkes Kota Cirebon mencatat, ada sekitar 562 ODGJ yang tersebar di 5 kecamatan dengan 22 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit, yang hanya memiliki kapasitas 10 tempat tidur yang dirasa sangat kurang untuk melayani ODGJ Kota Cirebon, Kab. Cirebon, Kuningan, majalengka, dll. Bu Tri juga menyampaikan apresiasi kepada RSMM yang telah bersedia membantu penanganan ODGJ untuk masyarakat Kota Cirebon.

Setelah diskusi dan tanya jawab dari seluruh perwakilan peserta rakor, bahwa akan direncanakan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ, yang rencananya akan di gelar tgl 22 Agustus 2019, untuk masyarakat Kota Cirebon, kerjasama Pemkot Cirebon dan RSMM, menuju Kota Cirebon dan Jabar Bebas ODGJ dan Pasung Tahun 2019. Namun demikian, bentuk kegiatan dan waktu pelaksanaannya, akan ditindaklanjuti oleh tim kecil di Kota Cirebon.

✋Stop Pasung
💪Sehat Jiwa
🤝Pulih, Produktif dan Mandiri

Sumber : KJM & PKRS RSMM

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini