Seren Taun di Pamijahan, Aria Suryadinata : Menjaga dan Merawat Budaya Merupakan Kewajiban Kita Bersama

0
430 views

BogorPolitan – Pamijahan,
Laporan : Khairul Ibrahim ||

Menjaga dan merawat budaya, merupakan kewajiban kita bersama. Hal ini dikatakan Aria Suryadinata yang akrab disapa Kang Aria pada saat menghadiri undangan panitia acara Seren Taun di Kampung Ciputri, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Selasa 01/08/2023.

Kang Aria menuturkan, betapa pentingnya kita selaku anak cucu untuk lebih peduli dalam merawat serta menjaga budaya yang sudah diwariskan secara turun menurun.

“Kita hanya dituntut untuk merawat dengan baik agar kelak bisa diturunkan lagi kepada generasi penerus,” ucapnya.

Acara Seren Taun yang diakhiri dengan diskusi santai namun interaktif ini, dihadiri beberapa Tokoh Sesepuh dan pemuda Kampung Ciputri.

“Selaku generasi muda tentunya punya peranan khusus dalam merawat serta menjaga budaya ini, apalagi di zaman yang serba tekhnologi sekarang tentunya minat kaum muda dalam kegiatan seperti ini dirasa sangat minim,” imbuhnya.

Hal ini tentunya, Kang Aria melanjutkan, perlu peran dari berbagai pihak, mulai dari Pemerintah, Tokoh Masyarakat dan tentunya kaum muda itu sendiri.

“Dan yang tidak kalah penting adalah kolaborasi antara kebudayaan dan digitalisasi agar menarik minat kaum muda itu sendiri, atau istilah dalam Bahasa Sundanya itu, Urang Kudu Barisa Ngigelan Jaman,” tandas Kang Aria.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini