Pertahankan Budaya Leluhur di Pamijahan, Masyarakat Kampung Ciputri, Ciasihan Gelar Seren Taun

0
504 views

BogorPolitan – Pamijahan,
Laporan : Khairul Ibrahim ||

Budaya Seren Taun atau biasa disebut juga Serah Taun masih dipertahankan dan diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Ciasihan, yang mana kegiatan tersebut dimeriahkan oleh unsur tertua dan kepemudaan setempat dengan berbagai kegiatan tanpa mengurangi nilai-nilai budayanya.

Acara yang dihadiri para Tokoh Masyarakat di Pamijahan ini, berlangsung di Kampung Ciputri, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Selasa 01/08/2023.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Ciasihan, Bah Adeng mengatakan, acara Seren Taun ini dilakukan setiap tahun dan kali ini melibatkan para pemuda dalam kepanitiaan.

“Sengaja kami menyerahkan keterlibatan anak muda dalam pelaksanaan acara Seren Taun, agar supaya keberlangsungan dalam menjaga serta merawat budaya warisan kolot (Orangtua -bahasa sunda) itu tetap berlanjut walaupun di zaman yang serba modern,” ujar Bah Adeng.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Panitia, Nurdin berterimakasih telah diberikan kepercayaan oleh Tokoh Masyarakat yang tidak hanya menampilkan seni dan budaya lokal namun juga acara panggung seni modern.

“Kolaborasi itu perlu, tanpa merubah esensi serta sakralnya hari Seren Taun tersebut. Karena pada dasarnya acara seperti ini menjadi ajang silaturahmi warga sekitar,” jelasnya.

Nurdin juga mengajak generasi muda untuk meneruskan tongkat estafet dengan cara tetap menjaga dan merawat budaya budaya lokal warisan nenek moyang kita agar kelak bisa sampai di generasi berikutnya.

“Satu hal yang paling penting adalah dengan kolaborasi antara budaya yang diwariskan dengan budaya modern agar menjadi satu daya tarik generasi muda dengan syarat tidak melupakan nilai nilai baik dari apa yang sudah diwariskan,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini