Diduga Bangunan Cagar Budaya Cianjur di Perjualbelikan, Apakah Bisa?

0
563 views

Laporan : Eka Rufa ||

Cianjur – BogorPolitan.com,

Berawal dari adanya pengaduan warga agar dilakukannya penebangan pohon yang dikhawatirkan akan menimpa rumah warga sekitar diwilayah Suge, jalan Taifur Yusup No.10 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, dengan berujungnya ada kepemilikan rumah oleh orang Jakarta.

Menurut keterangan pemilik rumah Ir.Troy Gandasugita didampingi oleh kuasa hukum nya Fahmi Wahab.SH mengatakan, sudah dari enam bulan yang lalu sudah mendapat tuguran dari warga sekitar bahkan RT dan RW. Bahkan tiga bulan yang lalu sudah ada ranting yang jatuh, hal itu sudah saya kirimkan WhatsApp ke yang dikuasakan.

“Terkait jatuhnya ranting pada tiga bulan yang lalu sudah saya sampaikan lewat WA tetapi tidak digubris dan saya mendapat tiga kali surat teguran dari pihak satpol PP dan itu pun saya kirimkan ke Sintia sebagai yang dikuasakan, melalui pdf dan WA,” katanya pada CianjurPolitan, Sabtu (11/03/2023).

Troy melanjutkan, tidak lama dari itu datang tiga orang yang mengaku sudah membeli rumah tersebut, sedangkan rumah tersebut sudah dijadikan cagar budaya karena keberadaannya sudah lebih dari 100 tahun.

“Dan Kanwil Bandung pun sudah menyatakan itu cagar budaya dan tidak boleh diperjual belikan, nah keinginan saya penebangan harus sepengetahuan pemegang kebijakan. Sedangkan menebang atau merusak saja sudah ada sanksinya, yang ingin saya tanyakan apakah ada pidana nya dalam hal jual beli cagar budaya yang sesuai dengan menurut UU No.11 tahun 1992 penjual dan pembeli dapat di pidanakan selama 15 tahun penjara dan denda lima Miliar, dan untuk penebangan RT RW serta Babinkamtibmas dan Babinsa harus dilibatkan dan sesuai prosedur,” ujar Troy.

Sementara, Fadly mengatakan kedatangannya ke Cianjur karena adanya panggilan dari pihak Satpol PP terkait penebangan pohon.

“Saya datang ke Cianjur Memenuhi panggilan Satpol-PP masalah penebangan pohon itu untuk masalah yang lain-lain itu saja,” jawabnya lewat Telphon selular, Sabtu (11/03/2023).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini