ALSA LC UNSOED Gelar Webinar Hukum mengangkat Tema Kedaulatan Laut

BogorPolitan – Purwokerto,

Indonesia adalah negara kepulauan, kondisi geografis Indonesia yang luas menghadirkan banyak potensi sumber daya yang bisa digali dan dijaga. Seperti yang digaung-gaungkan presiden bahwa untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dilandasi dengan lima pilar utama. Namun terlepas dari itu masih banyak tantangan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita tersebut, diantaranya adalah pemberantasan illegal fishing, pelanggaran wilayah laut Indonesia oleh kapal asing dan lain sebagainya.

Berangkat dari kondisi ini maka ALSA Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman hadir dalam kegiatan Seminar and ALSA Collaboration (SEALCO) 2021 yang diisi oleh para pembicara yang berkopeten dibidangnya, yaitu ada Dr. Aryuni Yuliantiningsih, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman); Ir. Suharyanto, M.Sc. (Direktur Perencanaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan); dan Laksma TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H. (Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut) dengan acara seminar yang berjudul “Menjaga Kedaulatan Di Laut Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

“Acara ini ditujukan dengan alasan Indonesia sebagai negara dengan wilayah laut yang luas serta kekayaan laut yang melimpah, kami harap kedepannya bangsa Indonesia dari berbagai kalangan, baik aktivis, pelajar maupun yang lainnya dapat melindungi dan menjaga kelestarian ekosistem laut serta memahami aspek yuridis dari perlindungan dan penegakan kelautan laut Indonesiaa” Ujar Manuel Desesko (Mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED)

Lebih lanjut Manuel juga menerangkan bahwa Acara ini berkolaborasi dengan pihak AIESEC yang merupakan organisasi pemuda tertua dan terbesar di dunia yang memiliki representatif lebih dari 100 negara di dunia. Berpuluh tahun hadir di Indonesia, AIESEC telah konsisten membantu ribuan pemuda Indonesia dan di negara lain dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai wujud kesejahteraan bangsa dunia yang ditetapkan oleh PBB. Oleh karena itu, sejalan dengan tema yang diangkat pada SEALCO tahun ini, kami mengundang AIESEC in Indonesia untuk memaparkan terkait segala usaha yang mereka perbuat dalam mencapai SDGs tersebut terkhusus yang berkaitan dengan perairan dan kelautan Indonesia.

Maka dari itu, silahkan untuk ikut bergabung dan berpartisipasi dalam acara kami ini, daftarkan diri anda segera melalui bit.ly/SEALCO2021 atau hubungi Earlyanne Andrea Sarosa (085730913556)./ Manuel Desesko Pistaris (081882808935). ALSA, Always Be One. (Red)

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!