Diduga Oknum Agen BPNT Puas, 1.157 KPM Lemas, 93 KPM Lagi Menunggu Giliran

BogorPolitan – Ciampea,

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), perluasan Bank Mandiri disalah satu Desa di Kecamatan Ciampea, selain mutu Beras diduga jumlah nominal komoditi tidak sesuai dengan yang didapatkan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM), untuk 7 bulan sesuai haknya, sebesar Rp. 1.400.000,-.

Dalam wawancaranya Jum’at, 24/09/2021, salah satu Ketua Rukun Tetangga (RT), disalah satu Kampung yang enggan disebutkan namanya, merinci komoditi yang diterima warganya dengan detil.

“Ya segitu, per-KPM mendapat komoditinya, telor 106 atau 100 atau 105, 110 variatif tidak sama. Beras 7 karung per-karungnya 11 kiloan, ayam 2 ekor, buah Pear 7 kantong, kacang 7 bungkus, segitu aja,” ungkapnya.

Menurutnya, timbangan beras antara 11 kilo, yang kurang dari itu juga ada, tapi kalau diglobalkan ada 11 kilo lah, perbedaan antara 10 dan 11 kilo tujuh karung itu 77 kilo, jadi dari kantong pear 6,84 kilo, artinya 1 bungkusnya tidak sampai 1 kilo, daging ayam 2 ekor, kacang 7 bungkus.

“Sementara setahu saya, KPM sejumlah 1.250 yang belum pasti ada 93 KPM,” imbuhnya.

Ketua RT juga menjelaskan, bahwa beras yang diedarkan diduga tidak mempunyai izin edar. Selain itu Agen E-Warong juga tidak memiliki Warung, sehingga numpang di warung milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Agen E-Warong Mandiri yang numpang di BUMDes, pembagian BPNT nya di BUMDes, kita hanya punya penampungan itu aja, agennya disana, kemarin ada kesalahan yang terkontrol. Kesalahannya adalah, beras yang tidak ada labelnya, akhirnya Lurah yang tangani,” ucapnya.

Masih kata Ketua Rt, Kampung disini, kalau tidak kosong jumlah semuanya ada 30-an, yang kosong 3 dan sudah dikoordinasikan, katanya bisa diambil sendiri antara Senin, Selasa, Rabu.

“Yang pegang mesin EDC-nya orang BUMDes, siapa lagi atuh yang ada disitu, orang BUMDes itu sementara diperbantukan sama orang agen. Agen itu masuknya ke BUMDes, ngirim barangnya ke BUMDes, yang punya gesekannya Rd (Agen E-Warong), karena dia agen, pak Rd itu numpang nya di BUMDes karena dia tidak memiliki warung,” urai Rt

Hal senada juga disampaikan salah satu warga di lain RT, yang identitasnya minta disembunyikan, karena ada kekhawatiran yang tidak diharapkan

“Tolong pak jangan dimasukan nama saya, karena khawatir ada sesuatu akan saya, untuk barang yang saya terima, Beras 7 karung, kemudian dikasihkan ke pak Rt wilayah sini, karena katanya untuk membagi yang tidak kebagian, namun berasnya kurang bagus, agak kekuningan, rada bau dan dimasakpun tidak putih. Telor 110 butir, Ayam 2 ekor, Pear 7 kantong, kacang tanah 7 bungkus (1 bungkus 4 ons),” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan Agen E-Warong belum bisa dikonfirmasi. (Ipay)

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!