Yayasan Al Akhyar Kalimurni Sembelih Hewan Qurban Dengan Menerapkan Prokes

BogorPolitan – Kota Bogor,

Yayasan Al Akhyar Kalimurni yang menaungi MTs. Manbaul Islam dan SMK YAK 1, Rabu (21/7) laksanakan penyembelihan hewan qurban.

Penyembelihan yang dilaksanakan di halaman Kampus Al Akhyar Kalimurni Jl. Kalimurni RT. 01 RW. 01 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, dilaksanakan dengan mengacu Protokoler Kesehatan yang ketat.

Ketua panitia Qurban yang juga selaku Kepala MTs. Manba’ul Islam Kalimurni Ahmad Taufik SP.dI mengatakan kegiatan penyembelihan hewan qurban dilingkungan Yayasan Al-Akhyar Kalimurni sebagai bagian dari program dalam memperingati hari besar islam yamg rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Hari ke 2 setelah Idul Adha biasanya kita melaksanakan Penyembelihan hewan qurban disekolah, sebelum adanya pandemi kegiatan ini kita melibatkan siswa karena ada penilaian prakarya untuk masakannya, hewan qurban dibagi dan dimasak disekolah. Berhubung pandemi kita tiadakan tapi tetap kita bagikan daging qurban ke anak-anak hanya perwakilan kelas saja dan anak-anak kurang mampu atau anak dhuafa dan warga sekitar sekolah sebagai bentuk keperdulian kita berbagi dimasa sulit ini,” papar Taufik.

Biasanya hewan qurban dari siswa-siswi dan guru namun tahun ini Qurban 4 Ekor Kambing dari Yayasan Al Akhyar Kalimurni, tidak ada patungan dari siswa-siswi maupun dari guru.

Ada sekitar 150 paket daging yang kita sebar baik untuk siswa juga untuk warga sekitar lingkungan sekolah.

“Dengan berqurban ini walau tidak semaksimal tahun-tahun sebelumnya, berharap makna qurban tidak hilang terutama dalam hal kerohaniannya. Olah karenanya setelah ini siswa-siswi khususnya MTs. Manba’ul Islam diberikan tugas oleh Guru Fiqih, Qur’an dan Hadist dengan Tema “Makna dari Qurban” sehingga Idul Adha walau dimasa pandemi tidak mengurangi makna,” imbuhnya.

Terpisah Ketua Yayasan Al Akhyar Kalimurni Daryani SP.dI menambahkan bahwa Giat Penyembelihan hewan Qurban sebagai manifesto ketaqwaan kita pada Allah SWT dalam meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang taat dan ikhlas atas perintah Allah untuk mengorbankan anak laki, atas ketaatannya Allah menggantinya dengan seekor domba. Berangkat dari riwayat Nabi Ibrahim maka setiap Hari Raya Idul Adha umat muslim melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Berqurban merupakan simbol pengorbanan seorang hamba yang ingin mendekatkan diri pada Allah SWT, Qurban bagi umat Islam adalah sebagai ungkapan terimakasih kepada Allah SWT atas limpahan rezeki dengan cara berbagi kepada mereka yang tidak mampu,” jelas Daryani.

“Semoga dengan berqurban menambah keimanan dan ketaqwaan kita pada sang khaliq Allah SWT,” tandasnya.

Dharmawan

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!