UKK SMK YAK 1 Hadirkan Penguji dari Forum Komunikasi Assesor Indonesia

BogorPolitan – Kota Bogor,

SMK YAK 1 dibawah naungan Yayasan Al Akhyar Kalimurni berlokasi di Jl. Kalimurni RT. 01 RW. 01 No. 81 Kelurahan Kencana Kecamatan Bogor Utara, telah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran (BDP) dan Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) bagi sejumlah lebih 200 siswa kelas 12 tahun ajaran 2020-2021.

Kepala SMK YAK1 Ade A. Haris melalui Waka Kurikulum Ahmad Rodin kepada media ini Sabtu (10/4) mengatakan Ujikom merupakan Ujian Praktek bagi siswa kejuruan yang harus diikuti karena sebagai salah satu syarat kelulusan.

“Dalam Uji Kompetensi Keahlian ini kita menghadirkan penguji Eksternal dari Forum Komunikasi Assesor Indonesia , 2 orang untuk menguji pada Jurusan BDP dan 2 orang di jurusan OTKP, selain itu ada 2 orang penguji eksternal yaitu dari guru produktif,” jelas Rodin.

Pelaksanaan UKK, lanjutnya dilaksanakan pada Senen (5/4) sampai dengan Kamis (8/4). Untuk program keahlian BDP materi yang diujikan yaitu Swalayan ,Kearsipan dan Stok Opname.

Untuk BDP UKK sebagaimana di Mini Market, mereka selain mendisplay produk juga Cash Register yang dilaksanakan di Lab TUK (Tempat Uji Kompetensi) seperti Mini Market pada umumnya. Sedang untuk OTKP materi yang diujikan lebih kepada administrasi perkantoran.

Rodin berharap anak didiknya dari tahun ke tahun Kompetensi siswa semakin naik, siswa semakin Ber Kompeten di Jurusannya masing-masing dan mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri

“Sebagimana disampaikan Assesor penguji, Siswa kami dinyatakan Kompetensi dan berhak mendapatkan Sertikat yang dikeluarkan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi),” terangnya.

“Alhamdulillah pelaksanaan UKK berjalan lancar sesuai yang diharapkan, seluruh siswa kelas 12 hadir dan dapat melaksanakan Ujikom dengan baik,’ ujar Rodin melanjutkan.

Karena persaingan di dunia usaha dan dunia industri sangat ketat, semoga setelah keluar dari YAK 1 ini, anak anak kami mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain, pungkasnya mengakhiri perbincangan.

Dharmawan

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!