Sungai Cikaniki Jadi Perhatian Khusus Harlah IJTI ke 25 dan Peringatan HUT RI ke 78

0
187 views

Bogorpolitan – Nanggung,
Laporan : Raka Bayu Kamajaya ||

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 78, sekaligus merayakan 25 tahun kelahiran Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kordinator Daerah (Korda) Bogor Raya, menggelar bakti sosial (baksos) bersih-bersih di hulu sungai Cikaniki Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor,

Kegiatan dilaksanakan bersama dengan Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimcam), PT. Aneka Tambang (Antam) Tbk. Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor Nanggung dan pelajar tingkat Dasar, Jum’at 25 Agustus 2023.

Menurut Nicko Zulfikar, kegiatan yang digelarnya selain melibatkan PT. Antam dan Forkopimcam juga menghadirkan anak-anak pelajar Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Tujuannya untuk mengedukasi siswa dan siswi sejak dini dalam memahami lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena akan menyebabkan dampak buruk ketika datang musim hujan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatannya dilakukan di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor yang merupakan lintasan hulu aliran sungai Cikaniki.

“Dengan harapan ketika tiba musim penghujan, daerah ini tidak terkena banjir, dilibatkannya anak-anak ini sebagai bentuk partisipasi pencegahan terhadap lingkungan ini,” tegasnya.

Kegiatan yang digelar oleh IJTI Korda Bogor Raya mendapat apresiasi dari Ka. Polsek Nanggung AKP Jony Handoko yang hadir di acara tersebut.

“Terima kasih dengan adanya ide dari pada ikatan jurnalis televisi Indonesia
yang mengadakan bersih-bersih sungai Cikaniki, ini memang seharusnya semua baik muspika maupun wartawan inilah wujud nyata kepedulian yang dilakukan
untuk kepedulian kepada lingkungan yang ada di kecamatan Nanggung,” ujarnya.

Senada dengan Ka. Polsek, Sekretaris Camat (Sekcam) Nanggung Suharsono mengatakan, kehadiran para wartawan untuk memberikan bakti nyata.

“Kami semua sangat mengapresiasi yang dilakukan IJTI hari ini, jadi terbukti media bukan hanya hadir mengkritisi permasalahan-permasalahan yang ada dilingkungan, akan tetapi juga berperan dalam memberi solusi, yaitu turun ke sungai Cikaniki langsung melakukan bersih-bersih,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Suharsono menghimbau kepada pihak Pemerintah Desa (Pemdes) untuk bersama menjaga sungai Cikaniki.

“Ini adalah kebutuhan vital masyarakat dan kewajiban kita semua untuk dapat menjaga lingkungan sungai Cikaniki tetap bersih, utamanya dari sampah,” ucapnya.

Sementara itu, General Manager CSR Pt Antam Arif S Rahman mengatakan, akan mendukung setiap upaya untuk perawatan dari aliran Sungai Cikaniki.

“Antam senantiasa mendukung semua kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan, oleh karena ini sejalan dengan visi dan misi dari PT Antam,” terangnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini