Peringatan Hari UUPA ATR/BPN Kabupaten Cianjur, Pemberian Satya Lencana dan Sertifikat PTSL

BogorPolitan – Cianjur,

ATR/BPN Kabupaten Cianjur memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang ke 61 Tahun 2021.yang dilaksanakan di halaman kantor ATR/BPN Cianjur,Jalan Raya Bandung No. 61 Sadewata, Sabandar, Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jum’at (24/09/2021).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional” .

Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Cianjur, Anthony Tarigan mengatakan, dalam peringatan hari Agraria dan Tata Ruang ke 61 Tahun 2021 ini, ATR/BPN Kabupaten Cianjur, ada dua acara yang dilaksanakan yaitu pemberian Satya lencana kepada pegawai dilingkungan ATR/BPN Cianjur yang sudah 30 tahun mengabdi, serta penyerahan sertifikat dari program prioritas nasional dan strategis nasional.

” Pada hari Agraria dan Tata Ruang hari ini,ada dua sub acara yang kita laksanakan, pertama pemberian Satya lencana kepada pegawai yang sudah 30 tahun mengabdi, kedua penyerahan sertifikat program prioritas nasional dan strategis nasional,” katanya

Pada kegiatan tersebut diberikan sebanyak 20 sertifikat hak pakai untuk pemerintah, dan 6000 sertifikat program PTSL kepada masyarakat.

“20 sertifikat hak pakai untuk pemerintah seperti PLN, BMN dari kementerian PUPR dibawah koordinasi DJKN, dan juga untuk BMN, serta 6000 sertifikat PTSL yang kita serahkan secara simbolis yang selanjutnya akan diberikan petugas kita kelapangan atau kepada masyarakat yang mendapatkannya,” ungkapnya.

Anthony menjelaskan, untuk program PTSL kabupaten Cianjur targetnya ada 70.000 bidang tanah dan beberapa petugas di lapangan masih terus melanjutkan dan mengumpulkan data fisik dan yuridisnya sesuai laporan dan telah tercapai sebesar 90 persen.

Menurutnya PTSL ini merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat karena Dapat memberikan kesejahteraan masyarakat , meminimalkan adanya konflik pertanahan dan penertiban penguasaan tanah serta bisa menumbuhkan ekonomi sebagai akses permodalan.

“Sebagaimana diketahui, bahwa Presiden telah menyerahkan sertifikat redistribusi tanah objek reforma agraria dan hasil penyelesaian konflik pertanahan sebanyak 124.120 sertifikat di 26 provinsi dan 127 Kabupaten/Kota. Selanjutnya perlu dikawal mengenai pemberdayaan masyarakatnya (acces reform) untuk memastikan penerima sertipikat mendapatkan akses permodalan,” ungkapnya.

Ia berharap dengan bertambahnya usia ATR/BPN mampu mewujudkan pelayanan untuk lebih baik kedepannya.

“Melalui momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional kali ini kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang” pungkasnya.

Reporter : Eka

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!