US SMPN 2 Dramaga Laksanakan Dengan Tatap Muka

BogorPolitan – Kab. Bogor,

Ujian Sekolah Tingkat SMP di Kabupaten Bogor secara serentak mulai dilaksanakan dari Senin (5/4) hingga Sabtu (17/4).

SMPN 2 Dramaga melaksanakan Ujian Sekolah dengan Daring dan PTM yang dilaksakan selama 6 hari, mulai Senin (5/4) sampai dengan Sabtu (10/4) dari rentang waktu yang diberikan hingga tanggal 17 April 2021.

Sebagaimana disampaikan Rahmat Padillah Kepala SMPN 2 Dramaga kepada media ini bahwa pelaksanaan Ujian Sekolah merujuk kepada Dinas Pendidikan terkait PTM dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional dan Ujian kesetaraan dan penyelenggaraan Ujian Sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid 19 yang dikeluarkan tertanggal 1 Februari 2021, Selasa (6/4).

Ujian dapat dilaksanakan baik secara Daring, Luring ataupun PTM dengan mengedepankan Prokes Covid 19.

SMPN 2 Dramaga telah memenuhi syarat untuk pelaksanaan Ujian Sekolah dengan PTM, disamping sarana prasarana pendukung Prokes seperti tersedianya sarana cuci tangan disetiap depan kelas, penyediaan Masker dan Sanitizer serta setiap siswa masuk area sekolah diukur suhu tubuh terlebih dahulu juga seluruh tenaga pendidik dan kependidikan hingga penjaga sekolah dan bagian kelengkapan lainnya telah di Vaksinasi hingga tahap ke 2 dan terpenting adanya surat ijin orangtua siswa untuk melaksanakan Ujian Sekolah dengan Tatap Muka disekolah.

Rahmat menuturkan pelaksanaan US di sekolah yang dipimpinnya terbagi dalam 2 opsi yaitu Daring dan PTM.
“Dari total siswa kelas 9 berjumlah 354 siswa ada 9 siswa yang melaksanakan US dengan Daring, jadi sebagian besar siswa kami melaksanakan US di sekolah dengan Tatap Muka menggunakan lembar soal,” paparnya.

Ia menambahkan dalam pelaksanaannya US terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama Pk. 08.30 – Pk.10.30 menggunakan 9 ruang kelas dan sesi kedua Pk. 11.30 – Pk. 14.30 dengan menggunakan ruang yang sama 9 kelas, perhari 2 mata pelajaran dengan durasi 120 menit.

“Jeda waktu antar sesi tidak menjadikan pertemuan siswa sehingga tidak menjadikan kerumunan, dan saat siswa pulang kita awasi dan bergilir keluar per kelasnya,” jelasnya.

Selain itu kita juga komunikasikan dengan orangtua siswa, untuk memperhatikan, menjaga dan memantau anaknya agar usai ujian langsung pulang kerumah, sambung Rahmat.

Sedang untuk peserta Ujian Sekolah dengan Daring menggunakan aplikasi Google form dengan jadwal yang sama baik mata pelajaran yang diujikan maupun waktu pelaksanaannya, hanya saja untuk peserta Daring siswa mengerjakannya di rumah.

“Alhamdulillah sampai dengan hari kedua ini, peserta US Daring maupun PTM berjalan dengan lancar, tidak ada kendala dan mudah-mudahan tidak terjadi paparan Covid 19 disekolah anak-anak tetap sehat, semua prosedur dalam pelaksanaan US disekolah ini sudah kita laksanakan Prokesnya dengan sangat ketat,” tegasnya.

Diakhir wawancara Rahmat berharap pelaksanaan US lancar dan anak-anak lulus dengan nilai yang baik. Harapan paling utama adalah Pandemi Covid ini segera berakhir sehingga pembelajaran bisa dilaksanakan dengan normal disekolah dan semoga sebagaimana disampaikan Menteri Pendidikan di Bulan Juli tahun ajaran baru sudah bisa melaksanakan PTM semua.

Dharmawan

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!