24 Siswa SMPN 2 Parung Laksanakan US Di Sekolah

BogorPolitan – Kab. Bogor,

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Tersebut berdasarkan SE (Surat Edaran) Mendikbud No. 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan dan Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease atau Covid 19 yang diterbitkan pada 1 Februari 2021.

UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk kejenjang pendidikan selanjutnya. Tapi Ujian bisa dilaksanakan oleh satuan pendidikan atau sekolah baik secara luring maupun daring.

Sebagaimana yang dilaksanakan SMPN 2 Parung Kabupaten Bogor.
Sekolah yang beralamat di Jl. Balai Desa Jabon Mekar, Desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, Ujian Sekolah berlangsung dengan 2 Opsi yaitu Luring dan Daring.

Ismail Latif SAg, Waka Humas SMPN 2 Parung kepada Bogorpolitan mengatakan sejumlah 351 siswa kelas 9 peserta Ujian Sekolah, 327 siswa melaksanakan US dengan Daring dan 24 siswa melaksakan dengan Luring di sekolah.

“US Daring menggunakan Aplikasi Google From dan WA, karena tidak semua siswa memiliki HP yang bisa Google Form, sedang yang Luring mengerjakan Lembar soal di sekolah,” jelas Ismail Senin (5/4).

Lembar soal untuk Peserta US Luring, dalam bentuk Pilihan Ganda maksimal 40 soal, per hari 2 mata pelajaran dengan durasi 90 menit per mapel dan dilaksanakan dalam 1 ruang kelas disekolah.

“Waktu pelaksanaan dan mata pelajaran yang diujikan baik Luring maupun Daring dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan hanya beda opsi saja, Daring laksanakan di rumah sedang Luring di sekolah,” sambungnya.

Terkait ke 24 siswa yang melaksanakan Luring, dikatakan Ismail mereka adalah benar-benaar anak tidak mampu dan tidak mempunyai HP dan itu berdasarkan dari hasil Home Visit wali kelas. Dari 8 kelas yang ada untuk kelas 9, 2 kelas US Daring semua yang lainnya per kelas ada yang 2, 3, 4 dan 6 siswa yang benar- benar tidak mampu seluruhnya berjumlah 24 siswa yang akhirnya melaksanakan US dengan Luring.

“Jadi mereka datang kesekolah dengan mengerjakan Ujian dilembar jawaban. Karena dimasa Pandemi ini kita terapkan Prokes, wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan sebelum memasuki area sekolah diukur suhu tubuh dengan termo gun,” ujar Ismail.

Selanjutnya dia menambahkan Ujian Sekolah dilaksanakan selama 6 hari, mulai Senin (5/4) hingga Sabtu (10/4) dari Pk. 07.30 hingga Pk. 11.30 WIB dan Alhamdulillah dihari ke 2 pelaksanaan US baik Luring maupun Daring tidak terjadi hambatan, mudah-mudahan hingga US berakhir lancar tanpa ada kendala.

“Saya berharap dengan kondisi saat ini, dengan keterbatasan yang ada, mudah-mudahan hasil US mereka sesuai dengan harapan kita. Lulus semua dengan nilai yang baik dan terpenting mereka melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, tidak stag sampai SMP saja,” pungkas Ismail.

Dharmawan

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!