Ujikom SMK Bani Abdillah Hadirkan Penguji Eksternal Dalam UKK

BogorPolitan – Kab. Bogor,

Ujian Akhir Sekolah tinggal menghitung hari bagi sekolah tingkat menengah atas dan sederajat. Sekolah kejuruan atau SMK bagi peserta didik kelas 12 wajib mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan atau UKK karena merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa-siswi SMK. Jadi siswa di sekolah kejuruan (SMK) selain mengikuti Ujian Akhir Sekolah juga wajib mengikuti Uji Kompetensi Keahlian.

Ujikom atau UKK dilaksanakan dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi siswa-siswi SMK.

SMK Bani Abdillah salah satu sekolah kejuruan di wilayah Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja telah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian dalam rangka mengukur ketercapaian Standar Kompetensi Kelulusan.

Tersebut disampaikan Iwan Setiawan Kepala SMK Bani Abdillah melalui Lisa Erlisa selaku Kaprog Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Bani Abdillah.

Kamis (1/4) untuk Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) kembali melaksanakan Ujikom, dimana sebelumnya telah melaksanakan Ujikom di SMK Wira Buana pada Selasa (30/3) lalu dan alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Karena kami tidak mempunyai TUK (Tempat Uji Kompetensi) seperti Mini Market untuk Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran maka kita laksanakan di SMK Wira Buana dengan menghadirkan penguji Eksternal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Dan karena ada beberapa materi UKK yang belum terpenuhi maka Jurusan BDP kembali hari Kamis (1/4) melaksanakan UKK di ruang Lab. SMK Bani Abdillah.

“Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi Kelulusan sesuai di jurusan masing-masing,” terang Lisa

Sebagaimana diketahui, lanjutnya UKK diselenggarakan diakhir masa studi dan kami laksanakan Ujikom ini menghadirkan penguji Eksternal yang memang sudah menjalin kerjasama dengan SMK Bani Abdillah.

“Selain menghadirkan penguji Eksternal dari LSP untuk Jurusan BDP juga dari Aspapi Bandung untuk Jurusan OTKP dan dari Netik untuk Jurusan TKJ, kami juga siapkan penguji Internal yaitu guru-guru Produktif SMK Bani Abdillah,” papar Lisa.

Sejumlah 79 siswa kelas 12 peserta UKK dari 3 jurusan hadir seluruhnya dapat melaksanakan Ujikom dengan lancar.
Karena dimasa Pandemi ini, kami terapkan Prokes dengan sangat ketat bahkan pelaksanaan UKK dibagi menjadi 2 sesi mulai dari Pk. 08.00 hingga Pk. 17.00 WIB.

Untuk kriteria penilaian UKK Lisa menuturkan untuk jurusn BDP ke Pramuniagaan, penataan produk, kasir, kemudian promosi, wawancara dan komunikasi bisnis, sedang untuk Jurusan OTKP membuat surat, makalah perkantoran kearsipan dan lainnya. Untuk Jurusan TKJ salah satunya merancang bangun jaringan komputer.

Lisa menambahkan persiapan menghadapai Ujian Akhir Sekolah bagi siswa kelas 12 beberapa rangkaian yang harus diikuti yaitu mulai dari pengayaan, ujian praktek, forto folio, Ujikom internal dan eksternal, try out dan Ujian Akhir Sekolah.

“Jadi UKK ini harus diikuti siswa kelas 12 sebagai salah satu syarat kelulusan dan untuk mengukur Kompetensi Siswa sesuai dengan jurusannya,” ucapnya.

Diakhir perbincangan Lisa berharap, anak anak didiknya mendapatkan nilai yang memuaskan dalam Ujikom ini, dan lulus dengan nilai yang baik. Dan tentunya kami sangat berharap Pandemi ini segera berakhir, anak bisa sekolah lagi karena banyak Kompetensi yang tak tercapai. Anak-anak bisa belajar dengan aman dan nyaman.

Dharmawan

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!