Gelar Cucurak dan Camping Budaya di Situs Cibalay, Jurnalis Bogor Barat Sambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

BogorPolitan – Kab. Bogor,

Cucurak merupakan tradisi sambut bulan puasa yang dilakukan oleh umat Muslim yang berada didaerah Bogor, Jawa Barat. Tradisi ini juga dilakukan oleh para Jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Bogor Barat (JBB) Kabupaten Bogor dengan tema, ‘Cucurak Camping budaya 2-4 April 2021’ beberapa hari di daerah Situs Cibalay, Desa Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jumat. ( 2/4/2021).

“Sebelum bulan puasa tiba, dengan menggelar Cucurak kegiatan dengan makanan menu-menu yang sederhana seperti nasi, lauk, sayur dan sambal disajikan diatas daun pisang, para jurnalis juga lakukan lomba Vlogger dan Youtube tentang budaya peninggalan sejarah yang ada di situs Cibalay, ” kata Iman Mandejajar, Ketua JBB.
 
Iman Mandejajar, Ketua Jurnalis Bogor barat (JBB) mengatakan, Cucurak berasal dari kata curak-curak yang diartikan dengan kesenangan atau suka-suka. Dalam adat Sunda, cucurak lebih sering dilakukan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

“Niat menyambut Ramadhan juga sebagai sarana silaturahmi dan momen memaafkan,” tambahnya.

Menurutnya, Cucurak juga merupakan bentuk rasa syukur dan saling berbagi terhadap rejeki yang telah diberikan Tuhan kepada kita,” ujarnya.

“Ada pun kegiatan acara lomba Vlog dan YouTube ini salah satu bentuk kepedulian Jurnalis untuk menyuguhkan informasi melalui berita kepada masyarakat tentang budaya sejarah yang ada di Situs Cibalay kepada warga Bogor dan diluar Bogor,” tandasnya.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!