Kades Parakanmuncang Segera Bentuk Destana

BogorPolitan – Nanggung,

Menyikapi persoalan banjir sungai dan tanah longsor diwilayahnya, yang terjadi beberapa waktu lalu, Kepala Desa Parakanmuncang, Mauludin, cepat tanggap dengan langsung melaporkannya ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Pasca terjadinya longsor kita sudah ajukan, dan sudah ada survey dari BPBD rencananya hari ini kita mau kirim ke email,” kata Mauludin saat diwawancara BogorPolitan.com diruang kerjanya, Kamis, 14/01/2021.

Kerawanan bencana terjadi pada saat musim hujan, hingga debit air meningkat, dan juga mengingat wilayahnya berupa pegunungan dengan luncuran longsor hingga mencapai radius 50 meter,

“Titik bencana yang harus dipantau saat musim hujan yaitu Banjir sungai Cisela, yang sudah longsor satu pasir maung, dua cogreg karena wilayahnya pegunungan dengan luncuran mencapai radius 50 meter sampai ke pemukiman warga, saya bersyukur sejauh ini tidak ada korban jiwa,” tambahnya.

Upaya antisipasi yang dilakukan pihaknya dengan mengingatkan melalui himbaun kepada Rt Rw untuk diteruskan kepada masyarakat yang wilayahnya rawan bencana, rencananya Mauludin, segera membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana)

“Untuk sementara hingga saat ini belum terbentuk, tujuan kita kearah sana, mengingat ada dua titik wilayahnya yang emang rawan sekali longsor juga banjir, yang mengharus kan kita memiliki Destana, terlebih pada musim penghujan,” katanya.

Khususnya dalam mengatasi banjir, berdasarkan musyawarah dengan warga guna mencari solusi dalam mengantisipasi kedepannya membuat sodetan sungai, kedua meningkatkan kembali drainasenya Wilayah Kampung Pakapuran, dan Kampung Lukut, yang kemarin terjadi banjir.

“Sejauh ini baru mapping, karen kepadatan penduduk, dulu sebelum saya menjadi kepala Desa ada banyak sodetan, kenapa sekarang terjadi banjir karena sodetannya dihilangkan, akibat dari pembangunan dengan adanya penambahan kepadatan penduduk, disini harus ditumbuhkan kesadaran bersama,” pungkas Mauludin. (IPAY).

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!