Sebelum Bertugas Memotong 29 Hewan Qurban, 48 Panitia Antri Cek Kesehatan di Villa Ciomas Indah Bogor

BogorPolitan – Kab. Bogor,

Suasana riuh panitia disertai suara hewan qurban sapi dan kambing yang saling bersautan mewarnai suasana pagi di pelataran belakang Mesjid Nurussalam, Jl. Garuda Raya Villa Ciomas Indah, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, dalam rangka Pemotongan Hewan Qurban, menyambut Hari Raya Idul Adha11 Zulhijah 1441 H yang bertepatan Sabtu 01/08/2020, Pkl.07.00 WIB s.d selesai.

Ketua Tim Kesehatan Pemotongan Hewan Qurban Mesjid Nurussalam, Iyep Yudiana menuturkan, 48 panitia qurban, antri untuk dilakukan pemeriksaan cek kesehatan oleh Tim Petugas Kesehatan.

“Pengecekan berupa pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, pernapasan, suhu tubuh, pemberian masker, sarung tangan, pelindung wajah, cairan hand sanitizer,” tutur Iyep, yang juga sebagai Promotor Kesehatan Jiwa dan Koordinator Lintas Sektor RSMM.

Iyep menjelaskan, pengecekan kesehatan ini juga disertai edukasi sesuai protokol kesehatan, sebelum menjalankan tugas melakukan pemotongan hewan qurban.

“Tetap memakai masker dan menjaga jarak aman serta membatasi orang yang memasuki area pemotongan hewan qurban yaitu hanya memperkenankan panitia dan peserta qurban saja, sedangkan penduduk sekitar dan anak-anak dihalau untuk tetap berada dirumah, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan massa dan mencegah penyebaran Covid 19,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Pemotongan Hewan Qurban Mesjid Nurussalam Villa Ciomas Indah, Jaenudin menambahkan, 29 Hewan qurban berupa 7 ekor sapi dan 22 ekor kambing yang berasal dari 71 peserta qurban berhasil dilakukan pemotongan, penyayatan kulit, pencacahan, penimbangan.

“Pembagian daging hewan qurban dilakukan secara door to door, kepada sekitar 1.300 warga diwilayah Mesjid Nurussalam oleh panitia, untuk menghindari kerumunan massa,” ucap Jaenudin.

Jaenudin berharap,  agar tetap melaksanakan ibadah berupa pemotongan hewan qurban secara aman guna mendukung program Pemerintah baik pusat maupun daerah dalam percepatan penanggulangan penanganan Covid 19, khususnya di wilayah Villa Ciomas Indah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (And)

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!